Advertisement

Wisatawan ke Gunungkidul Membeludak, Ini yang Harus Diwaspadai..

David Kurniawan
Selasa, 27 Desember 2022 - 07:47 WIB
Sunartono
Wisatawan ke Gunungkidul Membeludak, Ini yang Harus Diwaspadai.. Aktivitas pengunjung saat akan menyusuri wisata Goa Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo, 28 Juni 2022-Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul mulai terjadi peningkatan jelang tahun baru 2023. Mereka diimbau untuk mewaspadai kondisi jalur lalu lintas, baik rawan macet dan rawan kecelakaan.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, A Purwanta memastikan arus lalu lintas selama libur natal terpantau ramai lancar. Untuk memastikan libur akhir tahun berjalan dengan baik, sudah ada upaya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas pada saat terjadi penumpukan kendaraan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Sudah kami petakan wilayah mana saja yang rawan kecelakaan, dan kemacetan saat libur nataru,” katanya, Senin (26/12/2022).

Dia menjelaskan, untuk rawan kecelakaan di jalan Wonosari-Jogja, khususnya di Siyono, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen. Jalan tersebut memang lurus, dan banyak kendaraan yang memacu kendaraannya cukup kencang.

BACA JUGA : Libur Natal, Pantai di Gunungkidul Diserbu Belasan Ribu Wisatawan 

Untuk mengantisipasi kecelakaan ditempatkan personel serta melakukan patroli saat jam sibuk seperti pagi dan sore hari. Selain itu juga ada upaya memasang spanduk imbauan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati.

“Kalau rawan macet ada di jalur wisata. Kami juga sudah menyiapkan personel untuk berjaga-jaga,” katanya.

Menurut dia, jika nantinya ada kemacetan di kawasan pantai, maka akan ditetapkan rekayasa dengan menerapkan jalur satu arah menuju pantai. “Kalau sekarang masih terkendali,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan, libur natal yang berlangsung Sabtu-Minggu berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisata. Selama dua hari libur tercatat kunjungan sebanyak 32.426 orang.

“Kunjungan Sabtu [24/12/2022] sebanyak 13.026 orang dan Minggu [25/12/2022] ada 19.364 orang. Jadi, dibandingkan dengan kunjungan minggu sebelumnya ada peningkatan sekitar 19,69%,” kata Aldian.

BACA JUGA : Ada Live Music dan Kenduri Saat Malam Tahun Baru di Telaga Jonge Gunungkidul

Meski ada peningkatan kunjungan, ia tidak menampik penambahan belum sesuai dengan proyeksi yang direncanankan. Aldian menilai, cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata ke Gunungkidul.

“Jelas ada pengaruhnya. Untuk kunjungan, kawasan pantai masih mendominasi,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demo Aremania Ricuh, Polisi: Ada 3 Orang Alami Luka-Luka

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement