Advertisement

Selama Ini Cuma Belajar Kendaraan Ringan, SMKN 2 Pengasih Dapat Bantuan Truk Hino

Catur Dwi Janati
Sabtu, 07 Januari 2023 - 09:07 WIB
Arief Junianto
Selama Ini Cuma Belajar Kendaraan Ringan, SMKN 2 Pengasih Dapat Bantuan Truk Hino SMKN 2 Pengasih. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — SMKN 2 Pengasih mendapat bantuan satu unit truk Hino Dutro dari pabrikan kendaraan asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) 

President Director HMSI, Masato Uchida menerangkan truk seri Tractor Head ini diberikan kepada sekolah sebagai media pembelajaran para siswa jurusan otomotif. Pasalnya selama ini para murid baru mempelajari kendaraan ringan.

Advertisement

"Karena selama ini SMK itu kan mereka belajar kendaraan ringan, yaitu passenger rata-rata. Ini untuk pertama kalinya kita kasih commercial car. Supaya mereka tahu komponen bus dan truk itu seperti apa," kata dia, Jumat (6/1/2023).

BACA JUGA: Sebelum Dibongkar, Truk Hino Hibah untuk SMK Negeri 2 Wonosari Dimandikan Pakai Kembang

Melalui CSR ini, HMSI memiliki berharap akan muncul bibit-bibit unggul yang siap kerja. Para lulusan yang memahami seluk-beluk kendaraan komersial produksi Hino Motors.

Selain hibah, SMKN 2 Pengasih dan HMSI menjalani kerjasama pada program magang siswa serta pelatihan guru dan siswa. Setidaknya ada empat orang siswa yang tengah mencari keahlian baru di HMSI. "Febuari ini mereka selesai [magang], lalu kembali ke sekolah, sampai lulus baru kita hire ," tandasnya.

Kepala SMKN 2 Pengasih, Sumarno berharap program pelatihan ini dapat mendekatkan para siswa ke dunia industri lewat para pengajar yang mengantongi sertifikat kompetensi dari HMSI. 

"Dengan guru-guru yang hebat bisa menghasilkan siswa yang hebat juga. Maka program magang ini jadi program kita ke depan. Sehingga apa yang diberikan ke siswa itu juga akan sesuai yang di industri, jika gurunya kompeten juga," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement