Advertisement

Arema FC Tak Diizinkan Pakai SSA, Pemkab Bantul: Demi Kepentingan Bersama

Andreas Yuda Pramono
Senin, 09 Januari 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Arema FC Tak Diizinkan Pakai SSA, Pemkab Bantul: Demi Kepentingan Bersama Stadion Sultan Agung Bantul - geo/Aerospace.com

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olah Raga (Disdikpora) Bantul membatalkan rekomendasi izin bagi Arema FC menggunakan Stadion Sultan Agung (SSA) sebagai kandang mereka di lanjutan putaran kedua Liga 1. Pembatalan tersebut tertera dalam surat No.427/0050/PORA bertanggal 6 Januari 2023.

Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, mengatakan pembatalan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek setelah banyaknya masukan yang diterima Dikpora.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Ketika SSA mau dijadikan kandang Arema FC, kami lalu berkoordinasi dengan Polres Bantul. Namun, beberapa waktu belakangan, kami mendapat surat dari masyarakat termasuk suporter. Intinya, mereka meminta agar kami meninjau kembali karena hal tersebut harus mempertimbangkan kepentingan dan situasi. Biar kondusif,” kata Isdarmoko ditemui di kantornya pada Senin, (9/1/2023).

BACA JUGA: Pemkab Bantul Dikabarkan Tolak Arema FC Bermain di SSA

Disdikpora kemudian membicarakan hal tersebut lebih jauh dengan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dan Polres Bantul. Pembicaraan mengarah pada ketidaksetujan banyak pihak terhadap rencana Arema FC yang ingin menggunakan SSA sebagai kandang.

“Kok ternyata banyak yang tidak mendukung Arema FC untuk menggunakan SSA sebagai markas [kandang]. Kami pun juga tidak masalah karena SSA itu memang dibangun untuk kepentingan warga Bantul utamanya. Dengan demikian, kami tidak memberikan izin pada Arema FC [untuk menggunakan SSA],” katanya.

Menurut Isdarmoko, pihak Arema FC juga telah memahami mengenai pembatalan rekomendasi izin penggunaan SSA tersebut.

Surat dari Disdikpora Bantul./Instagram pemkabbantul

Sementara itu, Leader Paserbumi, John Hendrix, mengaku sepakat menolak Arema FC untuk menggunakan SSA. “Soalnya ini kan ada Liga 3 Regional DIY yang di dalamnya ada Persiba Bantul. Nah, tetapi yang kemudian menjadi pertanyaan kok tidak diputar Liga 3 malah tiba-tiba Arema yang bermasalah [tragedi Kanjuruhan] mau ber-home base di sini,” kata John, Senin (9/1/2023).

Selain itu, John juga menyinggung terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 130 orang. Menurutnya, tragedi tersebut harus diselesaikan dulu.

Di pihak lain, Perwakilan Slemania, Rengga Dian, mengatakan keputusan penolakan terhadap Arema FC yang ingin menggunakan SSA sebagai markas sepenuhnya ada di pihak Persiba Bantul.

“Tetapi kalau itu terjadi di Stadion Maguwoharjo jelas saya juga menolak. Karena sama saja membawa permasalahan ini ke DIY. Kami harus menghormati keluarga korban [tragedi Kanjuruhan]. Intinya selesaikan dulu permasalahnnya di sana supaya ke depannya lebih enak lagi,” kata Rengga, Senin, (9/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Gempa Turki: 1.504 Orang Dilaporkan Tewas, 592 di Antaranya di Suriah

News
| Senin, 06 Februari 2023, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement