Advertisement

Ada Mata Air, Underpass Kentungan Sempat Banjir meski Tidak Hujan

Lugas Subarkah
Selasa, 10 Januari 2023 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Ada Mata Air, Underpass Kentungan Sempat Banjir meski Tidak Hujan Ilustrasi Underpass Kentungan, Sleman. - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUnderpass atau terowongan di Kentungan, Sleman, kebanjiran pada Selasa (10/1/2023) pagi. Anehnya, tidak turun hujan pada malam sebelumnya di sekitar Kentungan. Pompa air yang mati ditengarai menjadi penyebabnya.

Genangan muncul di Underpass Kentungan sekitar pukul 05.00 WIB. Satlantas Polresta Sleman sempat mengatur lalu lintas dan mencari penyebab genangan pada pukul 06.30 WIB. Air baru surut sekitar pukul 09.00 WIB.

Advertisement

PPK 1.1 Provinsi DIY Underpass Kentungan, Ersy Perdhana, menjelaskan pompa air di underpass tersebut mati. “Ternyata pompa pada mati, kok ngedrop semua. Saya juga manggil teknisi,” ujarnya saat dikonfirmasi.

BACA JUGA: Jalan di Gunungkidul Setara Wonosari Jakarta PP, Butuh Rp600 Miliar untuk Bikin Mulus

Pompa yang totalnya berjumlah empat tersebut berfungsi untuk menyedot ketika terjadi genangan air. Pagi itu, trafo bermasalah sehingga seluruh pompa mati. Pengelola Underpaas Kentungan akan meminta PLN untuk menambah kapasitas trafo.

Sumber genangan tersebut bukan dari hujan, tetapi dari mata air yang terdapat di Underpass Kentungan. “Semacam mata air, levelnya air tanah. Itu di atasnya underpass,” ungkapnya.

Struktur muka air tanah yang tinggi ini menyebabkan air keluar meski tidak hujan. Mata air tersebut terdapat di kedua sisi underpass, barat dan timur.

Di sekitar mata air tersebut, petugas sudah rutin membersihkan sepekan sekali. Biasanya ditemukan banyak sampah di situ sehingga menyebabkan genangan. “Baru kemaren dibersihin. Biasanya kemarin ada genangan karena ada sampah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polri Siapkan Pompa Air Antisipasi Banjir di Tol Saat Arus Mudik

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement