Advertisement

Makan Korban, Psikolog Ungkap Sisi Positif Lato-Lato

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 11 Januari 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Makan Korban, Psikolog Ungkap Sisi Positif Lato-Lato Lato-lato - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lato-lato sedang menjadi permainan yang banyak digandrungi anak-anak hingga dewasa. Permainan ini sempat booming di awal tahun 2000 dan kini kembali ngetren.

Namun belakangan lato-lato menuai kontroversi karena dinilai menggangu dan membahayakan anak-anak. Suara tek tek tek yang ditimbulkan membuat suasana menjadi berisik. 

Advertisement

Di media sosial juga banyak bermunculan foto-foto anak yang menjadi korban lato-lato. Mereka terkena benturan bola keras dari lato-lato ini sehingga membuat luka lebam pada jidat, bibir, lengan tangan, hingga mata. 

Namun terlepas dari efek buruk yang ditimbulkan, Psikolog UGM Prof. Drs. Koentjoro, M.BSc., Ph.D mengatakan ada sisi positif yang perlu dipahami oleh masyarakat terkait permainan lato-lato bagi anak-anak. Salah satunya adalah mengurangi ketergantungan anak untuk bermain gawai.

“Segi positifnya ketergantungan anak pada handphone [HP] jadi berkurang. Dulunya waktu untuk main HP sekarang ke lato-lato,” jelasnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (10/1/2023).

Baca juga: Dinilai Mengganggu Hingga Berbahaya, Inilah Sederet Insiden yang Ditimbulkan Lato-lato

Lato-lato juga melatih anak-anak menjadi lebih berkonsentrasi, melatih ketangkasan fisiknya, kepercayaan diri, sosialisasi, dan lainnya. “Lato-lato ini bisa menjadi sarana anak berolahraga, belajar konsentrasi secara murah,” tuturnya.

Terkait lato-lato yang melukai anak-anak ketika memainkannya, Koentjoro menyampaikan bahwa kehadiran orang tua dalam hal ini menjadi sangat penting. Menurutnya, peran orang tua menjadi krusial untuk memberikan pemahaman atau mengedukasi anak-anak terkait cara, aturan, hingga bahaya dari setiap permainan yang dimainkan termasuk lato-lato.

“Peran orang tua harus ada, bermain dengan aman harus diajarkan kepada anak. Aturan kapan main juga dijelaskan seperti saat memakai HP, agar tidak mengganggu lingkungan,” ucapnya.

Diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, Dosen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari mengatakan, lato-lato menjadi sangat viral karena dipengaruhi media teknologi yang memmbuat permainan ini dikenal banyak orang.

“Masing-masing zaman atau era selalu punya zeitgest atau yang kita sebut sebagai jiwa zaman. Kebetulan, sekarang permainan lato-lato. Siapa yang menyebabkan permainan tersebut populer, salah satunya produsen media permainan anak dan saya kira hal ini akan berulang pada waktu mendatang,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya yang ada di situs resmi Unair.

Bukan hanya produsen, awal mula lato-lato viral diduga juga karena keterlibatan Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang ikut memainkan gim satu ini.

Aksi Jokowi dan Ridwan Kamil tersebut dilakukan saat mengunjungi salah satu pasar di Subang, Jawa Barat. Aksi Jokowi bermain lato-lato itu diunggah oleh Ridwan Kamil di akun Instagram resminya, @ridwankamil, Selasa (27/12/2022).

“Main nok-nok bareng Presiden dan Gubernur,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement