Advertisement

Lima Tahun Mangkrak, Ini Rencana Pemkab Kulonprogo untuk Pasar Ikan Gawok

Catur Dwi Janati
Kamis, 12 Januari 2023 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Lima Tahun Mangkrak, Ini Rencana Pemkab Kulonprogo untuk Pasar Ikan Gawok Pengunjung memilih dan mengambil ikan di Pasar Ikan Gawok (PIGa). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Setelah lima tahun mangkrak, Pasar Ikan Gawok yang berada di Wates, Kulonprogo bakal direvitalisasi tahun ini. Rencananya revitalisasi Pasar Ikan Gawok dipatok rampung akhir Maret.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan, Dunas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Ghufron Said Priyono menyebutkan bila tahap awal revitalisasi Pasar Ikan Gawok ialah revitalisasi pengurus pasarnya. Saat ini langkah itu sudah dilakukan dan menunggu waktu serah terima. "Saat ini revitalisasi pengurusnya dulu, pengelolanya. Ini sudah berjalan tetapi belum serah terima," kata dia, Kamis (12/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Setelah beres merevitalisasi struktur kepengurusan pasarnya, revitalisasi Pasar Ikan Gawok akan diarahkan ke pengembangan olahan ikan.

Pasalnya lini usaha jual beli ikan segar dan pembenihan sebelumnya terkendala suplai air. "Waktu itu masih menggunakan pompa, sehingga sangat tinggi operasionalnya," ujarnya.

"Untuk menghidupkan awal-awal ini kita akan menghidupkan dulu untuk kegiatan olahannya. Jadi nantinya dibukakan showroom atau toko untuk olahan ikan," ujar dia.

BACA JUGA: Setelah Direnovasi, Pasar Ikan Gawok Malah Sepi Pembeli

Olahan ikan yang bakal menghiasi Pasar Ikan Gawok nantinya diarahkan ke olahan ikan siap saji atau siap makan dan olahan ikan beku. "Segar pun nanti yang berbumbu. Ikan seger tapi nanti yang sudah di-freezer, bukan ikan hidup," terangnya.

Kendati demikian Ghufron menegaskan jika sektor penjualan ikan segar hidup dan bibit ikan di Pasar Gawok akan tetap dikembangkan.

Sumber air yang sebelumnya jadi kendala juga jadi fokus pembenahan untuk mengoptimalkan lini jual beli ikan segar dan benih ikan. "Kami hidupkan dulu sumber airnya, apakah mampu enggak kalau dari pompa," ujarnya.

"Tetapi kalau pompa sepertinya terlalu berat, jadi mungkin nanti coba dengan menghidupkan lagi saluran irigasinya. Jadi ini tetap kami usahakan juga, tetapi untuk yang pertama dihidupkan, kami ingin olahannya dulu," kata dia.

Untuk mempercepat akselerasi penghidupan kembali Pasar Ikan Gawok, sejumlah upaya promosi bakal dilakukan. Salah satunya melalui media elektronik maupun sejumlah baliho.

Selain itu, sejumlah kegiatan menarik akan dihelat di Pasar Ikan Gawok untuk menarik minat konsumen. "Kegiatan-kegiatan kami terutama yang di pengembangan nanti kita arahkan ke sana. Ada lomba ikan hias, kontes ikan hias, lomba masak-masak olahan ikan kita arahkan ke sana semua untuk meramaikan, menarik massa," ujar dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo, Trenggono Trimulyo menerangkan bila pengurus Pasar Ikan Gawok berasal dari perwakilan pengurus lama, pembudidaya ikan dan pelaku usaha pengolahan ikan.

Setelah melakukan pembentukan pengurus baru, dinas juga telah menyiapkan anggaran untuk pembenahan fasilitas di Pasar Ikan Gawok yang anggarannya bersumber dari Danais. Rencananya lokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan AC, pengadaan peralatan masak, pengadaan kipas angin dan pengadaan mesin hitung uang kasir.

"Ke depan kami akan bantu asosiasi pengelola Pasar Ikan Gawok berupa fasilitas peralatan masak. Jadi di sana engggak cuma jual olahan dan ikan-ikan yang dalam bentuk beku, tetapi nanti ada fasilitas alat masak langsung di sana sesuai pesanan," tambahnya.

Sementara terkait dengan masalah air yang dihadapi di Pasar Ikan Gawok, Trenggono menerangkan bila air disuplai dari saluran selokan, aliran air tidak mesti ada. Solusinya, pemenuhan kebutuhan air akan coba dicukupi dari sumur bor.  Beragam revitalisasi Pasar Ikan Gawok ini diharap rampung sebelum Ramadan atau akhir Maret nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement