Advertisement

PDIP Gunungkidul Perlu Ikut Tangani Stunting

Galih Eko Kurniawan
Senin, 23 Januari 2023 - 17:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
PDIP Gunungkidul Perlu Ikut Tangani Stunting Komisi VII DPR dari Fraksi PDIP, MY Esti Wijayati, saat mengikuti kegiatan dapur umum di Balai Padukuhan Ngunut Kidul, Kalurahan Kelor, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul, Senin (23/1/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com,GUNUNGKIDUL—Penanganan berkelanjutan terhadap stunting atau gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan gizi yang selama ini masih terjadi di Gunungkidul membutuhkan peran semua pemangku kepentingan, termasuk PDI Perjuangan.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PDIP, MY Esti Wijayati, saat mengikuti kegiatan dapur umum di Balai Padukuhan Ngunut Kidul, Kalurahan Kelor, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul, Senin (23/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“PDIP menaruh perhatian serius pada permasalahan stunting ini. Berkali-kali ketua umum kami, Megawati Soekarnoputri, mendorong kader di seluruh Tanah Air berperan aktif memperjuangkan kebutuhan asupan gizi bagi ibu hamil dan anak balita karena tahap itu menentukan kualitas kesehatan berkelanjutan setiap orang untuk mewujudkan gagasan Bung Karno yang disebut Generasi Emas 2045,” katanya dalam rilis kepada Harian Jogja, Senin.

Karena itu, PDIP mengajak masyarakat bangkit melawan stunting dengan fokus pada pencegahan dan penanganan yang harus dapat diakselerasi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai langkah progresif dengan mendayagunakan potensi yang terdapat dalam keluarga.

Kelor dipilih sebagai tempat berlangsungnya kegiatan dapur umum relawan Posko EW PDIP karena kalurahan itu masih menjadi yang tertinggi kasus anak balita mengalami gangguan pertumbuhan panjang dan tinggi badan berada di bawah standar.

Pada semester I 2022 terdapat tujuh puskesmas di Gunungkidul yang menangani kasus tertinggi stunting, yakni Puskesmas Karangmojo II, Puskesmas Gedangsari I, Puskesmas Ponjong II, Puskesmas Tepus I, Puskesmas Karangmojo II dan Puskesmas Patuk I.

Kegiatan dapur umum digagas politikus PDIP bertepatan dengan hari ulang tahun Megawati Soekarnoputri yang menyediakan kegiatan pengolahan bahan makanan bergizi berupa sayuran dan protein untuk ibu hamil, ibu menyusui, beserta anak balita.

Lurah Kelor, Suratman, membenarkan ada 30 anak balita dikategorikan mengalami stunting. Kalurahan sejauh ini telah menyikapi permasalahan itu dengan pemberian makanan tambahan setiap bulan bertepatan dengan kegiatan rutin penimbangan bayi posyandu yang jalan di tujuh padukuhan di Kelor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement