Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Kalender Agenda Kulonprogo 2023 Dirilis, Ini Event yang Menarik

Catur Dwi Janati
Rabu, 25 Januari 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Kalender Agenda Kulonprogo 2023 Dirilis, Ini Event yang Menarik Suasana peluncuran Calendar of Event 2023 di Taman Budaya Kulonprogo pada Rabu (25/1/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kulonprogo resmi merilis kalender agenda kegiatan tahun ini. Sejumlah pertunjukan akan banyak digelar, termasuk atraksi budaya yang lebih leluasa dihelat pasca dicabutnya PPKM.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito menerangkan Calendar of Event 2023 yang diluncurkan pekan ini tidak hanya merilis agenda kegiatan dari Dinas Pariwisata. Tetapi juga sejumlah agenda OPD lain seperti Dinas Kebudayaan, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas Kominfo Kulonprogo yang syarat akan seni maupun budaya.

Advertisement

Salah satu pembeda pada serangkaian agenda wisata tahun ini dijelaskan Joko terletak pada komponen atraksi budaya. Pandemi yang mulai surut, selaras dicabutnya PPKM membuat kegiatan atraksi budaya lebih leluasa untuk digelar.

"Kami juga mendapatkan banyak dukungan pihak luar yang ini menjadi bagian dari kita berkolaborasi bersinergi dengan beberapa OPD, beberapa lembaga, beberapa mitra dan stakeholder yang tentu ini kami butuhkan agar pergerakan pariwisata di Kulonprogo ini tambah kencang tambah kuat," ujarnya pada Rabu (25/1/2033).

BACA JUGA: Sleman Siapkan 60 Event Wisata Tahun Ini, Simak Deretan Agenda Unggulannya

Digelar nyaris di sepanjang tahun, beberapa gelaran wisata yang bisa jadi rujukan di antaranya seperti Fam Trip Sambang Deso, Wayang Wisata Istimewa, Kiskendha Mrahaswara, Fam Trip Difabel, Pacak Sepuran, Menoleh ke Menoreh dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya menjadi unggulan untuk menarik wisatawan ke Kulonprogo. Puncaknya Menoreh Festival yang bakal menampilkan berbagai pertunjukan kesenian dan kebudayaan dari Kulonprogo serta berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

"Beberapa kalender event yang itu akan menjadi rutinitas, contohnya Kiskendha Mrahaswara ini sendra dari Sugriwa Subali yang akan kita angkat di Taman Wisata Goa Kiskendo yang kebetulan tahun ini kita sedang membangun amphitheatre. Sehingga harapannya nanti reguler setiap hari Sabtu pekan ke berapa nanti akan ada pertunjukan di sana," tandasnya.

Joko memproyeksikan target Rp5,5 miliar PAD dari sektor pariwisata pada 2023. Tentu target ini akan melewati evaluasi pada pertengahan tahun untuk melihat tren perkembangan kunjungan wisata.

"Kami berharap dengan diluncurkannya kalender event ini kemudian publikasinya tambah kencang, promosinya juga bisa kita lakukan dengan berbagai media, dengan berbagai kesempatan. Sehingga bagi kami kunci keberhasilannnya ada pada ketika kunjungan wisatanya meningkat," kata dia.

BACA JUGA: Sektor Wisata Sleman Digenjot, Ini 8 Langkah untuk Mencapai Target

Sekda Kulonprogo, Triyono menuturkan pencabutan PPKM dapat dijadikan momen untuk bangkit dan menata kembali sektor pariwisata Kulonprogo. Agar sektor wisata Kulonprogo dapat kembali menjadi lokomotif penggerak perekonomian. "Sektor pariwisata mencakup banyak sektor. Bukan hanya objek pariwisata tetapi juga sektor lainnya seperti biro perjalanan, ekonomi kreatif, kuliner dan juga penginapan,"ujarnya.

Triyono berpandangan bila Calendar of Event menjadi bagian penting untuk menyosialisasikan dan mempromosikan kegiatan yang dilaksanakan berbagai OPD selama 2023.

Masyarakat dapat mengetahui agenda yang akan diselenggarakan sehingga jauh-jauh hari bisa mengagendakan untuk mengunjungi dan menyaksikan berbagai kegiatan di Kulonprogo. "Hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kulonprogo dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jambore Stroke: 1.000 Kursi Roda Disiapkan untuk Penderita Stroke

News
| Selasa, 03 Oktober 2023, 22:40 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement