Advertisement

Sleman Siapkan 60 Event Wisata Tahun Ini, Simak Deretan Agenda Unggulannya

Anisatul Umah
Sabtu, 21 Januari 2023 - 12:07 WIB
Arief Junianto
Sleman Siapkan 60 Event Wisata Tahun Ini, Simak Deretan Agenda Unggulannya Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (tengah) memainkan othok othok saat meresmikan peluncuran Calendar of Event 2023 di Sleman City Hall,Jumat (20/1/2023). - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman akan menggelar 60 event pada tahun ini. Melalui berbagai event tersebut, Dispar Sleman menargetkan 8 juta kunjungan wisata baik lokal dan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid mengatakan target ini lebih tinggi dari capaian tahun lalu yakni 7,5 juta kunjungan. Beberapa event yang menjadi highlight di antaranya Festival Van der Wijck (2-3 Juni 2023), Prambanan Jazz Festival (7-9 Juli dan 14-16 Juli 2023), dan Tour de Merapi (25 Juli 2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kemudian ada juga Sleman Creative Week (20-22 Oktober 2023), Sleman Temple Run (5 November 2023), Ngayogjazz (18 November 2023), dan Jogja International Heritage Walk (18-19 November 2023).

"Kami harapkan target [kunjungan wisatawan] di angka 8 juta orang. Pandemi sudah melandai, PPKM sudah dicabut. Saat masih pandemi ada 7,5 juta [kunjungan]," kata dia saat peluncuran Calendar of Event 2023 di Sleman City Hall, Jumat (20/1/2023).

BACA JUGA: Ini Jenis Belanja Paling Besar Wisatawan di Jogja Menurut Survei

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD), kata dia, juga diproyeksikan meningkat sekitar 20%. Pada 2022 capaian PAD Rp5,6 miliar, tahun ini ditargetkan Rp6 miliar.

Berbagai event yang digelar akan menjadi magnet bagi pengunjung untuk datang ke Sleman. Selain itu, dengan adanya kalender event, wisatawan juga bisa menentukan waktu kunjungan. "Menjadi magnet paling besar seperti Ngayogjazz kunjungannya luar biasa, sekitar 20.000 pengunjung dalam sehari. Sleman Temple Run juga dihadiri dari berbagai negara," kata dia.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menambahkan, melalui peluncuran kalender event, masyarakat atau pun wisatawan yang hendak berkunjung ke Sleman akan lebih mudah dan bisa menjadwalkan kepergiannya secara lebih matang. Selain itu, melalui kalender event, mereka juga bisa memilih event mana yang akan dikunjungi. "Ini [mencapai target kunjungan wisata] memang tidak bisa sendiri harus kolaborasi, baik itu dengan hotel yang ada juga promosi dan sebagainya. Begitu juga DIY bisa promosi bahwa Sleman punya kalender event," ucap dia.

Kepala Dispar DIY, Singgih Raharja mengapresiasi peluncuran Calendar of Event 2023 Kabupaten Sleman. Menurutnya Sleman menjadi peringkat pertama untuk pergerakan wisatawan domestik se-Indonesia.

"Salah satu penggerak wisatawan domestik yakni adalah melalui penyelenggaraan event. Tentu saya berharap kedepan penyelenggaraan event di Kabupaten Sleman terus ditingkatkan kualitasnya," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Subsidi Program Biodiesel Dinilai Untungkan Korporasi Besar

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement