Advertisement

Sri Sultan Wacanakan Bansos Seumur Hidup, Begini Respons Dinsos Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 26 Januari 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Sri Sultan Wacanakan Bansos Seumur Hidup, Begini Respons Dinsos Gunungkidul Ilustrasi lansia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mewacanakan gagasan pemberian bantuan sosial (bansos) seumur hidup kepada warga lnsia yang sudah tidak produktif. 

Terkait dengan hal ini, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Sosial P3A) Gunungkidul, Asti Wijayanti justru mengaku belum tahu menahu berkaitan dengan program tersebut. Dia menilai untuk pelaksanaan masih menunggu informasi resmi terlebih dahulu.

Advertisement

“Kalau masih wacana, maka belum bisa menyampaikan. Besok kalau sudah ada kepastian akan kami sampaikan langkah apa yang akan dilakukan,” kata Asti kepada Harianjogja.com, Kamis (26/1/2023).

Meski begitu, dia mengaku siap mendukung Pemda DIY dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Hal ini sejalan dengan program dari Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tentunya kami akan mendukung secara penuh,” katanya.

BACA JUGA: Atasi Kemiskinan di DIY, Sultan Jogja Ingin Beri Bansos Seumur Hidup

Asti mengatakan, untuk permasalahan lansia, hingga sekarang ada 1.760 orang yang berstatus terlantar. Upaya penanganan sudah dilakukan melalui berbagai program.

Sebagai contoh, mayoritas lansia terlantar sudah mendapatkan program bantuan sosial dari Pemerintah Pusat. Selain itu, juga ada bantuan permakanan yang diberikan oleh Pemkab Gunungkidul. “Program bansos dan permakanan masih jalan dan tahun ini masih dilaksanakan,” katanya.

Asti menambahkan, untuk upaya pengentasan kemiskinan memang dibutuhkan kerja sama lintas sektor serta melibatkan peran serta dari Pemerintah Pusat, provinsi hingga kabupaten. “Sudah ada program yang dipersiapkan dan mudah-mudahan jumlah keluarga miskin di Gunungkidul bisa terus berkurang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement