Advertisement

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 27 Januari 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos Audiensi Harian Jogja ke Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Kamis (26/1 - 2023). (ist)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahun 2023 DIY menganggarkan bantuan sosial untuk perbaikan 1.111 tempat ibadah. Melalui bantuan tersebut diharapkan kualitas sarana tempat ibadah dapat meningkat. 

Eko Susilo selaku Kepala Bagian Pengelolaan Kebijakan Bina Mental dan Sarana Keagamaan, Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY menyampaikan pemberian bantuan dana hibah untuk rumah ibadah dilakukan untuk meningkatkan kualitas tempat ibadah tersebut. 

Advertisement

Dia menyampaikan jumlah dana hibah tersebut tidak terbatas untuk pembangunan fisik saja. Namun, dapat digunakan untuk pengadaan sarana prasarana rumah ibadah. “Prinsipnya tidak membatasi secara khusus pada belanja, tapi untuk perbaikan kualitas sarana tempat ibadah,” ucapnya dalam audiensi dengan Harian Jogja, Kamis (26/1/2023).

Tahun ini ada penambahan jumlah tempat ibadah yang diberikan bantuan. Tahun lalu ada sekitar 904 tempat ibadah yang dianggarkan dengan bantuan tersebut, sedangkan tahun ini menjadi 1.111 tempat ibadah. Sedangkan tahun 2020 ada 510 tempat ibadah, dan tahun 2019 ada 275 tempat ibadah. 

Baca juga: Sabu Diselundupkan ke Lapas lewat Sayur Lodeh

Untuk bantuan tersebut, dianggarkan dana dari APBD DIY sekitar 27,7 miliar. Yang terbagi menjadi Rp.25 juta per tempat ibadah. “Rp.25 juta ya tidak seberapa untuk pembangunan fisik. Pembelanjaan itu tidak sulit, ada yang digunakan untuk sound system, atau perbaikan lain,” katanya. 

Dia menyampaikan, kondisi tempat ibadah di DIY beragam, ada yang mengalami kerusakan kecil hingga besar. Luas dan kapasitasnya sendiri pun beragam. Namun, agar terjadi pemerataan pendanaan, jumlah dana hibah diberikan seragam. Tujuannya agar dana tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas rumah ibadah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement