Advertisement

Jalan Berbayar Sulit Diterapkan di DIY, Dishub: Jalan Searah Saja Susah

Triyo Handoko
Senin, 30 Januari 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jalan Berbayar Sulit Diterapkan di DIY, Dishub: Jalan Searah Saja Susah Jalan Perwakilan, Jogja. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalan berbayar berbasis elektronik sulit diterapkan di Jogja. Dinas Perhubungan (Dishub) DIY juga belum merencanakan kebijakan tersebut. Meskipun diklaim mampu mengatasi kemacetan, Dishub DIY menilai jalan berbayar tidak mudah diterapkan di wilayahnya.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyebut adopsi kebijakan jalan berbayar seperti di Jakarta tidak mudah dilakukan di DIY karena banyak faktor, baik dari segi infrastruktur, regulasi, maupun kondisi masyarakat DIY. “Belum ada rencana menerapkan jalan berbayar, Jakarta saja susah apalagi Jogja,” katanya, Minggu (29/1/2023).

Advertisement

Kebijakan manajemen jalan di DIY, jelas Made, lebih sering mendapat penolakan masyarakat. “Jalan searah saja diprotes masyarakat, apalagi jalan berbayar meskipun mengatasi macet tapi di DIY tak mudah menerapkannya,” jelasnya.

Daripada menerapkan jalan berbayar, lanjut Made, lebih memungkinkan menerapkan tarif parkir mahal untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. “Kalau berkurang kendaran pribadi, macet pasti berkurang dan masyarakat cenderung pakai kendaraan umum,” ujarnya.

Baca juga: Bahan Alami Menghilangkan Ketombe, Ada Lidah Buaya hingga Jeruk Nipis

Melihat tarif parkir yang tinggi di tengah kota, sambung Made, maka masyarakat akan mempertimbangkan berulang kali ketika akan membawa kendaraan pribadi. “Tapi menerapkan tarif parkir mahal juga pasti sulit karena akan diprotes juga. Memang perlu kajian yang mendalam juga,” ucapnya.

Made menjelaskan tarif parkir mahal bukan seperti parkir nuthuk yang ilegal. “Kalau mahal kan untuk pendapatan daerah juga, bukan seperti parkir ilegal yang masuk kantong pribadi, kalau jadi pendapatan daerah juga untuk masyarakat,” katanya.

Sebelum menerapkan tarif parkir mahal perlu ada koordinasi dan kolaborasi dengan level kabupaten/kota. “Dan memang perlu meningkatkan transportasi publik juga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement