Advertisement

Asosiasi DPRD Akan Demo di Jakarta, Ini Sikap DPRD Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 01 Februari 2023 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Asosiasi DPRD Akan Demo di Jakarta, Ini Sikap DPRD Gunungkidul Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntarningsih saat menemani menteri sosial Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan instalasi pengolahan air bersih di Kalurahan Gombang, Ponjong. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) bakal berdemonstrasi di Jakarta pada 20 Februari 2023.

Ada beberapa tuntutan Adkasi, seperti revisi Peraturan Pemerintah No.18/2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD serta pencabutan Peraturan Presiden No.33/2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. Adkasi menginginkan beleid itu mencantumkan tunjangan sidang bagi anggota DPRD. Adkasi juga mendorong adanya Undang-Undang DPRD yang terpisah dari Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) sebagai bentuk penguatan lembaga DPRD.

Advertisement

Meski demikian, Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih belum memberikan kepastian apakah perwakilan DPRD Gunungkidul akan ikut berdemonstrasi di Jakarta. 

“Harus dibahas di Badan Musyawarah terlebih dahulu terkait dengan tuntutan ini,” kata Endah kepada wartawan, Rabu (1/2/2023).

Menurut dia, surat yang beredar baru sebatas izin ke Kapolri mengenai penyampaian aspirasi yang dilaksankaan Adkasi pada 20 Februari mendatang. Surat resmi dari Ketua Umum Adkasi Lukman Said hingga sekarang juga belum diterima.

“Nanti kalau sudah ada surat tentang aksi ini, akan dibahas melalui Badan Musyawarah DPRD Gunungkidul,” katanya.

BACA JUGA: Cegah Penculikan, Bupati Sleman Minta Ortu Jemput Anak Tepat Waktu

Endah mendukung pencabutan perpres ini. menurut dia, banyak dampak yang dirasakan oleh DPRD terkait dengan aturan tersebut.

“Sebenarnya tidak hanya DPRD, tapi eksekutif juga merasakannya. Jadi, kami ingin hak-hak yang dimiliki bisa dikembalikan seperti sebelum adanya perpres itu,” katanya.

BACA JUGA: Janaloka Pilih Tunggu Perkembangan Soal Perubahan Masa Jabatan Pamong Kalurahan

Endah mengatakan pada 20 Februari 2023, anggota DPRD Gunungkidul memiliki agenda kunjungan kerja atau kunker di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno, mengatakan aspirasi mencaput Perpres No.33/2020 sudah berlangsung lama, namun hingga sekarang belum bisa direalisasikan. “Jadi bukan hanya sekarang. Sejak dulu sudah ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement