Advertisement

Longsor, Belasan Pengendara Motor Jatuh di Jalur Cinomati

Ujang Hasanudin
Jum'at, 03 Februari 2023 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Longsor, Belasan Pengendara Motor Jatuh di Jalur Cinomati Sejumlah pemgendara sepeda motor antre dan berhati hati saat melintas Ruas 21 Jalur Cinomati karena licin akibat adanya material longsor, Jumat (3/2/2023). Sudah ada belasan pengendara motor yang jatuh. - Dok. SAR DIY Distrik Bantul\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belasan pengendara sepeda motor tergelincir dan terjatuh di Jalan Wonolelo Pleret-Terong Dlingo, Bantul, atau Jalur Cinomati. Penyebabnya karena material longsor sampai ke jalan sehingga membuat kondisi jalan licin.

Kasi Operasional SAR DIY Distrik Bantul, Bondan Supriyanto mengatakan longsor terjadi pada Jumat (3/2/2023) dini hari sekitar pukul 02.15 WIB. Pemerintah Kalurahan Terong dan sejumlah sukarelawan sebenarnya sudah meninjau lokasi, namun belum semua terkondisi sehingga material masih tersisa di jalan.

Advertisement

"Pukul 06.30 WIB ada laporan masuk bahwa banyak kendaraan roda dua yang terjatuh karena material longsor," katanya.

Pihaknya bersama sejumlah unsur sukarelawan menuju lokasi dan benar kondisi jalan licin sehingga menyebabkan pengendara sepeda motor tergelincir. "Karena memang waktu sibuk banyak yang berangkat kerja dan sekolah," ujarnya.

Namun sebagian besar pengendara yang jatuh luka ringan. Namun ada juga korban yang dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Baca juga: Sultan Menolak Tukar Guling Tanah untuk Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen: Nanti Dibeli Pengusaha

Para sukarelawan kebencanaan langsung membersihkan jalanan dengan menyiram menggunakan ember. Namun karena tidak efektif sehingga SAR DIY Distrik Bantul menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul untuk mendatangkan mobil pemadam kebakaran. Satu armada pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung menyemprot jalan di Ruas 21 Jalur Cinomati.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan pihaknya akan mengantisipasi longsoran dengan memotong pepohonan yang tanahnya berpotensi longsor.

"Untuk lalu lintas buka tutup. Kita mengantisipasi longsoran yang berpotensi akan datang seandainya terjadi hujan lagi," katanya.

Demikian pohon yang ada diatas bukit akan dipotong. Proses pembersihan material longsoran juga dibantu warga setempat. Tidak hanya BPBD dan sukarelawan kebencanaan yang datang, namun personel dari Dinas Perhubungan Bantul juga ke lokasi untuk memasang rambu-rambu lalu lintas.

Demikian aparat kepolisian juga turut membantu proses evakuasi material longsor. Selama proses pembersihan material longsor, Jalur Cinomati ditutup. Namun sekitar pukul 10.00 WIB jalan kembali dibuka untuk lalu lintas kendaraan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal dan Tarif Bus Damri Tujuan Wisata Pantai di Bantul dan Gunungkidul

News
| Minggu, 21 Juli 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement