Advertisement

Trauma! Korban Pencabulan oleh Ketua Remaja Masjid di Gamping Tak Mau Sekolah

Lugas Subarkah
Selasa, 07 Februari 2023 - 14:17 WIB
Sunartono
Trauma! Korban Pencabulan oleh Ketua Remaja Masjid di Gamping Tak Mau Sekolah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pasca terungkapnya kasus pencabulan yang dilakukan oleh AS, 28, Ketua Remaja Masjid di Gamping Lor, Kalurahan Ambarketawang, Kapanewon Gamping, Sleman pihak Dukuh Gamping Lor akan memberikan pendampingan kepada para korban.

Dukuh Gamping Lor, Zairin Noor, mengatakan di jajaran pengurus atau Takmir Masjid tempat terjadinya pencabulan tersebut ada psikolog yang bisa mendampingi para korban. Selain itu, ia juga akan bekerja sama dengan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sleman.

Advertisement

BACA JUGA : Sudah 20 Anak Jadi Korban Pencabulan Ketua Remaja Masjid di Gamping

“Kebetulan takmir masjid ada seorang psikolog. Nanti kebetulan kan itu korban orang muslim, jamaah masjid, nah ini kan tindak lanjutnya, selanjutnya nanti kerja sama dengan PPA dan Puskesmas Gamping juga,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/2/2023).

Dari perkiraan total sekitar 20 korban, menurutnya yang masih mengalami trauma ada sebanyak lima orang, yang semuanya masih usia anak-anak. “Kalau yang dewasa sudah nggak. Kan itu sudah lama,” katanya.

Tidak semua korban AS trauma berat. Namun ia mengungkapkan ada satu anak yang sempat sampai tidak mau sekolah. Selain itu, orang tua juga menjadi semakin khawatir ketika anaknya ke masjid. “Orang tua juga takut. Jadi kalau [anaknya] ke masjid, diantar-jemput,” kata dia.

Meski demikian saat ini suasana di masjid sudah kembali normal dengan berbagai aktivitas. Walau demikian ia memastikan tetap ada tindakan khusus dari takmir masjid dan warga sekitar untuk menangani kasus tersebut.

BACA JUGA : 10 Tahun Baru Terungkap, Begini Kronologi Terungkapnya Pelecehan Seksual Remaja Masjid terhadap 20 Anak

Ia mengaku kecolongan atas perbuatan AS yang telah memakan sampai 20 korban. Hal ini disebabkan AS yang terlihat biasa saja di luar dan para korban yang tidak mau bercerita. “Biasa itu soalnya orangnya, normal-normal aja. Dan sregep di masjid, enggak tahu orangnya seperti itu,” ujarnya.

Perbuatan AS baru terungkap setelah korban terakhirnya melaporkan apa yang dilakukan AS terhadapnya kepada takmir masjid yang kemudian dilanjutkan ke Dukuh. “Karena peristiwa sudah luar biasa, di luar jangkauan kami, untuk meredam sehingga terpaksa diselesaikan secara hukum,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

32 Proyek Strategis Bendungan hingga Tol Ditarget Selesai Tahun Ini

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement