Advertisement

Update Sapi LSD Sleman: Hingga 9 Februari Sudah Ada 100 Kasus

Lugas Subarkah
Jum'at, 10 Februari 2023 - 07:37 WIB
Budi Cahyana
Update Sapi LSD Sleman: Hingga 9 Februari Sudah Ada 100 Kasus Ilustrasi pengobatan sapi. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kasus positif sapi terkena lumpy skin disease (LSD) di Sleman terus bertambah. Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman mencatat kasus LSD positif sudah menjangkiti 100 ekor sapi hingga Kamis, 9 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan saat ini ada 100 ekor sapi yang terkena LSD, baik yang terkonfirmasi laboratorium maupun diagnosis klinis. “Tersebar di 11 kapanewon,” ujarnya, Kamis (9/2/2023).

Advertisement

Jumlah kasus ini bertambah cukup signifikan dari awal penemuan dua kasus pada 23 Desember 2022 lalu. Adapun 11 kapanewon yang menjadi persebaran kasus positif tersebut meliputi Kapanewon Sleman, Mlati, Cangkringan, Turi, Moyudan, Ngaglik, Berbah, Seyegan, Gamping, Kalasan, dan Godean.

Obat yang diberikan meliputi antiparasit, vitamin dan pengurang rasa sakit atau analgesik. Luka disemprot menggunakan Gusanex. Kemudian, vektor lalat, nyamuk maupun caplak, dikendalikan menggunakan insektisida.

BACA JUGA: Pasar Godean Sempat Digugat, Pemkab Akui Kurang Sosialisasi

Dengan 100 kasus LSD, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman pun memperketat pengawasan di pasar hewan. Namun, hingga saat ini, jawatannya belum memberlakukan pembatasan mobilitas ternak maupun penutupan pasar. “Pengawasan di pasar hewan lebih diperketat,” ungkapnya.

Di samping itu, vaksinasi juga terus diberikan kepada sapi yang masih sehat. Realisasi vaksinasi LSD di Sleman saat ini mencapai 1.226 ekor. Namun ia belum mendapatkan informasi kapan droping vaksin selanjutnya tiba. “Masih menunggu pengadaan oleh Dirjen PKH [Peternakan dan Kesehatan Hewan],” ujarnya.

Pemkab Sleman telah mengajukan vaksin LSD ke Kementerian Pertanian sebanyak 3.000 dosis, tetapi baru diberikan sebanyak 1.300 dosis. Pemkab Sleman juga masih akan meminta tambahan vaksin lagi karena di Sleman terdapat hewan rentan LSD sebanyak 3.281 sapi perah, 29.495 sapi potong dan 184 kerbau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement