Advertisement

Rp2,5 Miliar Bakal Digelontorkan untuk Proyek Padat Karya di Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 10 Februari 2023 - 12:57 WIB
Bhekti Suryani
Rp2,5 Miliar Bakal Digelontorkan untuk Proyek Padat Karya di Kulonprogo Ilustrasi program padat karya - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah daerah (Pemda) Kulonprogo siap menggelontorkan dana senilai Rp2,5 miliar untuk program padat karya tahun in. Anggaran tersebut murni berasal dari APBD Kabupaten.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulonprogo, Nur Wahyudi mengatakan terdapat 25 paket program padat karya yang akan digulirkan di tahun 2023.

Advertisement

“Dari APBD Kabupaten itu ada 25 paket dengan nilai per paket mencapai Rp100 juta. Paket tersebut tersebar di 12 kapanewon. Nah, kalurahan mana saja persisnya ini sedang kami hitung [petakan],” kata Wahyudi ditemui di kantornya pada Kamis (9/2/2023).

Selain dari APBD Kabupaten, Kulonprogo juga mendapat gelontoran dana dari APBD DIY. Data sementara menunjukkan ada 57 paket melalui APBD DIY dan masih akan bertambah.

“Dari APBD DIY melalui BKK [Bantuan Keuangan Khusus], sementara ini ada 57 paket atau lokasi. Kalau dari situ anggarannya ada yang senilai Rp100 juta maupun Rp200 juta,” katanya.

BACA JUGA: Klitih Muncul Lagi, Pemkot Jogja Perkuat Pengawasan Jam Malam

Tidak hanya itu, Wayudi mengatakan ada juga BKK dari Dana Keistimewaan. Hanya saja, anggaran dari Danais tersebut langsung masuk ke Pemerintah Kalurahan.  

Proses pengerjaan fisik program padat karya tersebut akan dimulai pada bulan Juli atau Agustus. Sementara proses sosialisasi dan penyesuaian proposal hingga kini belum dilakukan.

“Proses sosialisasi belum kami lakukan. Prinsip yang harus diketahui menganai pembagian dana terkait program padat karya dalam rangka membuka lapangan kerja bagi pengganggur, setengah penganggur, dan warga miskin, maka ini nanti porsi penganggarannya antara HOK [Hari Orang Kerja] dengan pendukung minimal 50%. Sementara material maksimal 50%,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkum HAM Angkat Bicara Terkait Rencana KUA Layani Semua Agama

News
| Sabtu, 02 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement