Advertisement

Bagikan Kursi Roda, Komunitas Guru Ingin Anak Difabel Punya Akses Sama dalam Pendidikan

Hadid Husaini
Selasa, 14 Februari 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Bagikan Kursi Roda, Komunitas Guru Ingin Anak Difabel Punya Akses Sama dalam Pendidikan Pemberian bantuan alat bantu jalan kepada murid di SDN Sorobayan oleh Komunitas Guru Peduli, Selasa (14/02/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Komunitas Guru Peduli bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyerahkan bantuan alat bantu jalan berupa kursi roda khusus di beberapa sekolah pada Selasa (14/2/2023).

Salah satu sekolah yang mendapat bantuan adalah SD Sorobayan, Kapanewon Sanden. Sekolah tersebut menerima dua kursi roda.

Advertisement

Kursi roda tersebut diserahkan secara langsung diserahkan kepada dua siswa berkebutuhan khusus dan juga dihadiri langsung oleh orang tua.

Dengan adanya bantuan berupa kursi roda tersebut diharapkan dapat memudahkan mobilitas siswa berkebutuhan khusus. Pasalnya selama selama ini mereka hanya mendapatkan pelajaran di kelas dan kurang bisa berinteraksi langsung dengan dunia luar.

“Jika ada pembelajaran di luar kelas mereka hanya kami minta untuk memperbanyak membaca buku,” ujar Kepala SD Sorobayan, Minaryati.

BACA JUGA: Keren! Mahasiswa Difabel UGM Kembangkan Aplikasi untuk Mudahkan Mobilitas Kalangan Difabel

Meskipun menyandang disabilitas, kata dia, anak merupakan investasi masa depan yang akan menjadi orang-orang terbaik dalam kehidupan mereka.

"Kegiatan ini InsyaAllah rutin digelar setiap tiga bulan sekali dengan membagikan alat bantu jalan, kami berdiri sejak 2019, " ujar Ketua Komunitas Guru Peduli, Zaenuri.

Salah satu guru SD Sejati Moyudan Sleman ini berharap fasilitas yang diberikan bisa berkontribusi terhadap pemaksimalan potensi yang dimiliki oleh siswa-siswa difabel tersebut.

Dia menjelaskan, pada triwulan I tahun ini, pemberian bantuan dikhususkan dalam bentuk alat bantu jalan yang terdiri dari 13 kursi roda, dua tongkat dan satu walker di empat kabupaten di DIY.

Komunitas guru berdiri sejak 2019 tercatat sudah membagikan ratusan kursi roda dan alat bantu jalan lainya yang sudah dimanfaatkan oleh banyak masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement