Advertisement

Hujan Deras, Lima Dusun di Gunungkidul Dikepung Banjir

David Kurniawan
Selasa, 14 Februari 2023 - 09:47 WIB
Bhekti Suryani
Hujan Deras, Lima Dusun di Gunungkidul Dikepung Banjir Kondisi banjir di Dusun Pugeran, Tileng, Girisubo, Gunungkidul yang sampai menggenani rumah warga pada Selasa (14/3/2023) - Istimewa/Tagana Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul sejak Senin (13/2/2023) sore mengakibatkan banjir di Kapanewon Girisubo. Data sementara, genangan air terjadi lima dusun.

Kelima lokasi ini di antaranya Dusun Pugeran, Tileng; Songbanyu 1, Songbanyu; Kandri dan Pucung di Kalurahan Pucung serta Nglindur Kulo, Kalurahan Nglindur Kulon. Selain menggenani rumah warga, banjir juga terdampak di dua sekolah.

Advertisement

Anggota Tagana di Kapanewon Girisubo, Ndaru Haryo Suprobo mengatakan, terus melakukan pendataan dan pemantauan terkiat dengan luapan banjir di Kapanewon Grisubo. Banjir terjadi karena hujan deras yang mengguyur sejak Senin sore.

 “Peristiwa ini sudah kami palorkan ke Panewu Girisubo dan BPBD Gunungkidul,” kata Ndaru saat dihubungi, Selasa (14/3/2022).

Menurut dia, luapan air ini mengakibatkan sejumlah rumah warga di Dusun Nglindur Kulon, Songbanyu 1 dan Pugeran terendam. Selain itu, banjir juga menggenai akses masuk di SD Negeri Pucung dan Kandri di Kalurahan Pucung.

BACA JUGA: Pembayaran Ganti Rugi Ratusan Bidang Lahan Tol Jogja di Prambanan Belum Ada Kepastian

“Untuk detailnya masih kita himpun sehingga belum bisa memastikan dimana saja titik yang terparah,” katanya.

Ndaru mengungkapkan kondisi sekarang ini masih terpantau mendung. Adapun perkembangan air juga sudah mulai surut.

“Kalau tidak hujan, pada siang hari sudah bisa surut. Tapi, kalau hujan lagi maka genangan bisa bertambah. Mudah-mudahan bisa segera terkendalikan,” katanya.

Meski ada sejumlah titik genangan air, tapi Ndaru memastikan belum ada laporan kobran jiwa dalam peristiwa ini. “Semoga tetap aman dan kerugian material bisa ditekan sekecil mungkin,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement