Advertisement

Gali Pengetahuan Nusantara, Sekolah Peradaban Kapalikamala Dibuka

Media Digital
Minggu, 19 Februari 2023 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Gali Pengetahuan Nusantara, Sekolah Peradaban Kapalikamala Dibuka Suasana peresmianSekolah Peradaban Kapalikamala pada Sabtu sore (18/2/2023) - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekolah Peradaban Kapalikamala resmi dibuka untuk mengkaji pengetahuan dan perkembangan terkait Nusantara, pada Sabtu sore (18/2/2023). Sekolah ini digagas oleh Yayasan Kapuk Salemba Arga, Multi Dimensional Network (MDN) dan Ngobrol Santai Indonesia (NSI).

Sekolah Kapalikamala menggunakan metode pembelajaran para brahmana saat ilmu pengetahuan tumbuh subur di Nusantara. Misi utama Sekolah Peradaban Kapalikamala adalah memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan leluhur di Nusantara yang tercatat dalam manuskrip dalam rontal, dituturkan secara turun-temurun, hingga dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Advertisement

Founder MDN Jimmy Ardianto menjelaskan Sekolah Kapalikamala dihadirkan untuk mempelajari kejayaan masa lalu untuk bisa mengambil pengetahuannya untuk dipraktikkan di masa sekarang. “Sehingga keilmuan yang pernah membawa Nusantara pada puncak kejayaan itu terus lestari, tidak berhenti sampai di generasi ini saja,” katanya saat peresmian, Sabtu sore di Gedung Pertemuan Amongtangga, Kotagede.

BACA JUGA: 3 Motor Kecelakaan di Gedangsari, Satu Pengendara Meninggal di Tempat

Jimmy menyebut peradaban Nusantara telah mempengaruhi peradaban dunia secara umum. “Melalui bahasa terlihat ada banyak kesamaan bahasa antar berbagai peradaban dunia dengan Nusantara. Artinya ada interaksi yang terjadi sehingga pengetahuan Nusantara diminati banyak orang di seluruh penjuru Nusantara,” jelasnya.

Romo KRT Manujayaatmaja yang memberikan penjelasan keilmuan Nusantara saat peresmian tersebut menjelaskan susunan bahasa Nusantara amat beragam. “Saya mempelajari lontar, prasasti, dan manuskrip lainnya menemukan banyak struktur bahasa Nusantara sangat beragam. Sehingga diperlukan kepiawaian berbahasa Jawa kuno agar memahami pengetahuan Nusantara yang telah dicatatkan itu,” ujarnya.

Manujayaatmaja menyebut usaha untuk membuat Sekolah Kapalikamala patut diapresiasi. “Ditengah arus modernisasi yang mengaburkan sejarah dan budaya Nusantara ini usaha untuk kembali mempelajarinya patut diapresiasi,” katanya.

Diperlukan ketelatenan dan kedisiplinan, jelas Manuayaatmaja, dalam mempelajari pengetahuan Nusantara. “Pengetahuan Nusantara jadi inspirasi banyak peradaban Nusantara yang melahirkan dunia hari ini, tentu ini penting untuk dikaji lagi karena kejayaan Nusantara menyimpan kekayaan yang luar biasa,” jelasnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement