Advertisement

Tak Sesuai Spesifikasi, Belasan Truk Sampah Kena Semprit

Yosef Leon
Minggu, 19 Februari 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Tak Sesuai Spesifikasi, Belasan Truk Sampah Kena Semprit Ilustrasi. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Belasan kendaraan pengangkut sampah ke TPST Piyungan ditindak lantaran belum memenuhi standardisasi ketentuan sebagaimana tercantum dalam Perda DIY No.3/2013 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Armada truk yang melanggar itu diimbau untuk mendaftarkan kendaraan ke instansi terkait dan memperbaiki kelaikan armada. 

Advertisement

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jogja, Dody Kurnianto mengatakan penindakan itu dilaksanakan bersama Satgas Kartamantul beberapa waktu lalu.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap armada pengangkut truk sampah ke TPA Piyungan guna meminimalkan persoalan lain yang muncul di wilayah sekitarnya.

"Selama ini kan banyak keluhan warga soal armada truk yang kalau lewat sana banyak yang bocor sampai sampahnya meluber. Jadi kita standardisasi mobil angkutan itu, di luar yang milik pemerintah," katanya Minggu (19/2/2023). 

BACA JUGA: Puluhan Truk Pengangkut Sampah di Sleman Tak Kantongi Rekomendasi

Dody menyebut total ada sebanyak 19 armada yang kedapatan melanggar aturan dengan jenis yang beragam mulai dari kendaraan belum terdaftar di DLH, armada pengangkut merupakan nonhidrolis dan lainnya. Semua kendaraan itu telah didata untuk kemudian ditindaklanjuti oleh instansi tekait. 

Adapun sanksi yang diberikan masih sebatas teguran dan kepada pengemudi diminta untuk segera melakukan penyesuaian armada. "Ada pembinaan dari instansi terkait dengan pendataan dan kemudian nanti akan diterbitkan izinnya dari DLH," ucap dia. 

Sesuai dengan Perda DIY No.3/2013, kata Dody, armada pengangkut sampah mesti menggunakan bak dengan penutup agar sampah tidak berceceran, tinggi bak maksimum 1,6 meter, ada sekat pemisah, ada alat pengungkit dan bak sampah yang tidak bocor. 

"Harus sesuai standar dan ada saatnya nanti di Kartamantul bahwa kendaraan yang belum sesuai itu akan m dihalau tidak boleh buang sampah ke Piyungan. Ada pendaftaran dan uji kir juga harusnya," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement