Advertisement

Puluhan Truk Pengangkut Sampah di Sleman Tak Kantongi Rekomendasi

Abdul Hamied Razak
Kamis, 12 Mei 2022 - 23:37 WIB
Arief Junianto
Puluhan Truk Pengangkut Sampah di Sleman Tak Kantongi Rekomendasi Puluhan truk pengangkut sampah mengantre untuk menurunkan muatan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, Rabu (8/1/2020 - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman menegaskan pengangkutan sampah di Bumi Sembada tidak hanya dilakukan oleh UPTD Pelayanan Persampahan.

Kepala UPTD Pelayanan Persampahan DLH Sleman, Rita Probowati mengatakan sebagian besar armada sampah yang masuk ke TPST Piyungan juga dilakukan oleh pihak ketiga (swasta). Hanya saja, lanjut Rita, armada swasta tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari UPTD Pelayanan Sampah DLH Sleman. 

Advertisement

BACA JUGA: Peringati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-106, Umat Budha di Sleman Gelar Puja Bakti

Rekomendasi hanya berlaku selama enam bulan dan jarus diperpanjang kembali. Rekomendasi dibutuhkan untuk melihat kondisi kelaikan dump truck, uji kir, STNK dan SK sebagai pengelola sampah untuk swasta masih berlaku. Sayangnya, kata Rita, tidak semua armada swasta yang mengangkut sampah meminta rekomendasi dari instansinya.

Berdasarkan data UPTD, pada Desember 2021 lalu hanya 24 armada pengangkut sampah yang mengajukan rekomendasi. Padahal, pada periode yang sama ada 129 armada masuk ke TPST Piyungan tanpa mengantongi rekomendasi dari UPTD. "Tahun ini hanya satu unit armada yang baru mengajukan rekomendasi," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement