Advertisement

10 Polisi Tidur Elastis Dipasang di Jalur Perlintasan Kereta Daop 6 Jogja

Catur Dwi Janati
Selasa, 21 Februari 2023 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
10 Polisi Tidur Elastis Dipasang di Jalur Perlintasan Kereta Daop 6 Jogja Pemasangan speed bump di sejumlah titik di wilayah KAI Daop 6. - Istimewa/PT KAI Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sedikitnya 10 speed bump atau polisi tidur elastis bakal dipasang di perlintasan sebidang kereta api wilayah Daop 6 Jogja. Polisi tidur diharapkan dapat membuat pengendara makin berhati-hati saat melewati di perlintasan kereta api. 

Manajer Humas KAI Daop 6, Franoto Wibowo, menjelaskan speed bump akan dipasang di 10 titik perlintasan sebidang, khususnya perlintasan sebidang yang tidak dijaga. Saat ini lima polisi telah terpasang. 

Advertisement

"Akan dipasang di 10 titik dan sudah dipasang di lima titik. Empat titik ada di wilayah Kulonprogo," ujar dia, Selasa (21/2/2023).

Keempat titik pemasangan pembatas kecepatan ini berlokasi di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 704, JPL 706, JPL 707 dan JPL 708. Lokasi pemasangan polisi tidur ini salah satunya didasarkan pada volume kendaraan pada perlintasan tersebut. 

Dari aspek fungsionalnya, Franoto menjelaskan speed bump dipasang untuk mengurangi laju kendaraan yang hendak menyeberangi perlintasan kereta.

"Sehingga pengendara lebih waspada, tengok kanan kiri apakah ada kereta atau tidak. Pemasangan speed bump ini kan upaya atau ikhtiar dari KAI untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, keselamatan penumpang kereta api, keselamatan pengguna jalan yang melewati perlintasan sebidang tersebut," ungkapnya.  

BACA JUGA: Diam-Diam ke Boston, Dosen UII Ahmad Munasir Punya Ikatan Erat dengan Amerika Serikat

Manajer Jalan Rel dan Jembatan KAI Daop 6, Ran Dwi Teguh menerangkan polisi tidur yang dipasang memiliki spesifikasi bahan rubber atau karet yang memiliki daya elastis.

Speed bump yang dipasang memiliki warna merah, kuning, dan hitam. Ketika terkena lampu, speed bump akan memantulkan warna sehingga mudah dilihat.

Kendati berbahan elastis, polisi tidur memiliki ketahanan hingga beberpa tahun. Namun semua itu tergantung dari volume dan beban kendaraan yang melintas. "Kalau diharapkan sih levelnya lebih dari lima tahun," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Ingin Pesawat Angkutan Haji Tidak Lagi Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement