Advertisement

Dosen UII Menghilang, Kampus Hanya Bisa Komunikasi dengan Rafie Lewat Email

Sunartono
Senin, 27 Februari 2023 - 20:17 WIB
Sunartono
Dosen UII Menghilang, Kampus Hanya Bisa Komunikasi dengan Rafie Lewat Email Dosen UII Rafie Pratama. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja, JOGJA—Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) hingga saat ini belum dapat memastikan waktu kepulangan Ahmad Munasir Rafie Pratama yang sempat hilang kontak. Saat ini dosen Teknik Informatika itu masih berada di Amerika Serikat. Pihak kampus belum dapat memastikan waktu kepulangan karena hanya bisa berkomunikasi lewat email.

Rektor UII Profesor Fathul Wahud menyatakan saat ini Rafie Pratama masih berada di AS dan belum dapat memastikan waktu kepulangannya. Akan tetapi, ia memastikan yang bersangkutan dalam keadaan aman. Ia mengatakan sampai saat ini belum dapat melakukan komunikasi lewat ponsel.

Advertisement

BACA JUGA : Hasil Pelacakan Jejak Digital Terbaru, Dosen UII Rafie

“Sampai saat ini komunikasinya hanya lewat email. [Soal rencana pulang] Belum bisa memastikan karena kami juga tidak memaksa pulang,” Fathul kepada wartawan saat di LLDikti, Senin (27/2/2023).

Ia menjelaskan alasan Rafie masih berada di AS karena kesehatan. Berdasarkan keterangan, kata Fathul, telah didiagnosis oleh rumah sakit terkait masalah kesehatan dan harus berobat.  Akan tetapi sampai saat ini belum diketahui jenis penyakitnya.

“Sampai saat ini alasan yang kami dapatkan berpegang karena alasan kesehatan. Itu ruang privat. [Ketika bertemu di Norwegia} waktu itu sehat bercanda sama saya terus.Saat itu tidak mungkin kalau sakit sampai kesana,” katanya.

“Rumah sakitnya di mana itu bagian privat, kami tidak mau berspekulasi. Termasuk itu apakah dirawat atau rawat jalan tidak ada informasi spesifik yang kami dapatkan. Karena hanya bisa komunikasi lewat email,” katanya.

Sebelumnya Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dan Konsul Jenderal RI di New York Winanto Adi telah menjalin komunikasi langsung dengan Ahmad Munsir Rafie Pratama yang juga dikenal dengan sebutan AMRP.

“Konjen RI di New York juga telah bertemu langsung dengan beliau. Saat ini yang bersangkutan berada di AS dan alhamdulillah dalam keadaan aman,” kata Judha.

BACA JUGA : Beberapa Hari Sebelum Hilang, Dosen UII Rafie Pratama

Rafie pun telah berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia dan UII untuk menjelaskan kondisinya, termasuk kondisi kesehatannya saat ini. Dengan telah ditemukannya Ahmad Munasir Rafie Pratama dalam keadaan selamat dan aman, kata Judha, penanganan hilangnya Ahmad Munasir dinyatakan telah selesai.

Ia dinyatakan hilang kontak setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). Tim UII terdiri dari empat orang, termasuk Prof. Fathul Wahid, Rektor UII mengunjungi USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas

Setelah sepekan beraktivitas di USN, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Profesor Fathul Wahid berjumpa terakhir dengan Rafie Pratama di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda.

Rafie hanya menyampaikan secara lisan rute penerbangan kembali ke Jakarta yaitu Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Ia tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya. Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Mengingat sebelum ke Oslo, AMRP memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Riyadh pada 23-25 Januari 2023. Di waktu itu sempat menjalani ibadah umrah bersama anak dan istri, namun keluarga kembali ke Indonesia dan Rafie melanjutkan misi ke Norwegia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement