Advertisement

Teatrikal Serangan Umum 1 Maret Bakal Digelar saat Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Sunartono
Senin, 27 Februari 2023 - 22:27 WIB
Sunartono
Teatrikal Serangan Umum 1 Maret Bakal Digelar saat Hari Penegakan Kedaulatan Negara Teatrikal Serangan Umum 1 Maret. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peringatan Serangan Umum 1 Maret sebagai hari penegakan kedaulatan negara akan kembali digelar di Kawasan Titik Nol Kilometer, Kota Jogja. Teatrikal ini juga akan disiarkan secara langsung melalui akun Youtube sejumlah provinsi lain di luar DIY.

Dinas Kebudayaan DIY akan berkolaborasi dengan provinsi lain seperti Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat dalam peringatan hari penegakan kedaulatan negara.

Advertisement

BACA JUGA : Sejarah Serangan Umum 1 Maret di Jogja, 6 Jam Penuh

"Dengan ditetapkannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, kami semua berkewajiban untuk terus mengkaji dan mengedukasi masyarakat akan peristiwa tersebut dan menyebarluaskan ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi, Senin 927/2/2023).

Ia menambahkan kegiatan peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini akan diawali dengan tirakatan yang akan diselenggarakan di Plaza Monumen SO 1 Maret, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada pukul 19.00 WIB. Rencananya akan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X serta di akhiri oleh Pagelaran Wayang Babad Wanamarta.

Sedangkan pada tanggal 1 Maret 2023 pukul 10.00 WIB dilaksanakan kolaborasi antara DIY, Bangka Belitung dan Sumatera Barat. Kegiatan dilaksanakan bersama-sama secara hybrid pada tanggal 1 Maret 2023 dalam bentuk talkshow, teatrikal dan peluncuran buku.

Secara khusus dalam teatrikal akan ditampilkan penggalan sejarah dari mulai agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948 dan penangkapan para pemimpin di Yogyakarta. Termasuk masa selama pengasingan di Bangka Belitung, pembentukan Pemerintah Darurat RI dan perjuangannya di Sumatera Barat.

BACA JUGA : Menilik Serangan Umum 1 Maret dan 13 Patriot 

“Hal itu dilatarbelakangi bahwa hingga saat ini masih sedikit disampaikan terkait adanya pemerintahan darurat di Bukit Tinggi dan Bangka Belitung, terutama di Menumbing Muntok, di mana tempat tersebut merupakan tempat diasingkannya Bung Karno danBung Hatta,” katanya.

Teatrikal peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Jogja hingga kembalinya para pemimpin bangsa di Yogyakakarta akan ditayangkan secara live dari masing-masing provinsi dan disiarkan melalui kanal youtube.

Dian berharap kegiatan itu nantinya diharapkan dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Karena salah satu aspek sejarah perjuangan mempertahankan negara yang masih jarang dibahas yaitu sisi diplomasi. “Tiga provinsi ini memiliki kesejarahan yang saling terkait satu sama lainnya, dalam hal penegakan kedaulatan negara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement