Advertisement

Ular Sawa 2 Meter Ditemukan di Pekarangan Warga Harjobinangun

Lugas Subarkah
Selasa, 28 Februari 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Ular Sawa 2 Meter Ditemukan di Pekarangan Warga Harjobinangun Petugas TRC BPBD Sleman mengevakuasi ular di pekarangan warga di Kalurahan Harjobinangun, Kapanewon Pakem, Senin (27/2/2023). - Istimewa/TRC BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mengevakuasi ular sawa sepanjang dua meter di pekarangan warga di Kalurahan Harjobinangun, Kapanewon Pakem.

Koordinator TRC BPBD Sleman, Sugiyanto, menjelaskan evakuasi ular dilakukan pada Senin (27/2/2023) pukul 16.10 WIB. “Ada laporan dari warga Harjobinangun, ular tersebut ada di pekarangan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Advertisement

Sebanyak tiga personel dikerahkan untuk mengevakuasi ular tersebut menggunakan peralatan hook. Sekitar 5-10 menit ular berhasil dievakuasi. “Jenis ular sawa, panjang dua meter kurang lebih. Posisinya berada di pekarangan. Deket rumah,” katanya.

BACA JUGA: 17 Ular Masuk Permukiman, Kebanyakan di Sleman Timur, Ini Sebabnya

Setelah dievakuasi, ular dibawa ke Posko Utama dan selanjutnya diberikan kepada komunitas pecinta reptile di Kaliurang. “Kita menghubungi pecinta reptile. Kebetulan ada pecinta reptile dari kaliurang barat, terus ular kita serahkan untuk dipelihara atau dirilis mereka,” ungkapnya.

Evakuasi ular di Harjobinangun ini menjadi yang pertama dilakukan TRC BPBD Sleman pada 2023. Pihaknya juga mendapat surat laporan temuan ular di Kalurahan Minomartani, yang berada di bekas kandang ayam. “Meresahkan warga karena ayam sering hilang,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang menemukan ular masuk ke lingkungan permukiman untuk segera melaporkan, bisa ke TRC BPBD Sleman atau ke Damkar Sleman untuk dievakuasi. Laporan bisa melalui telfon atau datang ke Posko Utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement