Advertisement

Tak Hanya Beras, Operasi Pasar di Gunungkidul Juga Menyasar Komiditas Pangan Lainnya

David Kurniawan
Kamis, 02 Maret 2023 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Tak Hanya Beras, Operasi Pasar di Gunungkidul Juga Menyasar Komiditas Pangan Lainnya Ilustrasi beras di pasar. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Operasi pasar terus dilakukan di Gunungkidul untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan. Operasi pasar tidak hanya dilakukan terhadap beras, tetapi juga komoditas pangan lain seperti minyak goreng, gula dan tepung terigu.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan operasi pasar digelar besama Badan Urusan Logistik (Bulog) sejak beberapa waktu lalu dan menyasar sejumlah kapanewon seperti Wonosari, Patuk, Paliyan, Tepus, Tanjungsari hingga Rongkop.

Advertisement

“Sekarang masih berjalan dan terakhir akan dilaksanakan di Kalurahan Gari, Wonosari pada Jumat [3/3/3023] besok,” kata Kelik, Rabu (1/3/2023).

Menurut dia, antusiasme warga datang ke pasar murah sangat tinggi. Beras dalam operasi pasar juga bertambah dari dua menjadi empat ton di setiap lokasi.

“Mudah-mudahan dengan operasi ini harga di pasaran tetap stabil,” katanya.

Beras dengan kualitas medium dijual Rp9.400 per kilogram. “Kalau di pasar harganya masih di atas Rp12.000 per kilogram,” kata mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

BACA JUGA: Kasus Tunggakan Hotel Rp11 Miliar untuk Acara Kemenag: Pemda DIY Beberkan Isi Perjanjian dengan PT Digsi

Kepala Seksi Distribusi, Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Gunungkidul, Retno Utami mengatakan, terus berusaha menekan kelangkaan Minyakita di pasaran. Salah satunya dengan pendistribusian bekerja sama dengan agen langsung ke para pedagang di pasar.

“Lokasinya ada di Wonosari, Semanu, dan Playen,” katanya.

Menurut dia, total Minyakita yang telah didistribusikan sebanyak 17.280 liter. Total ada enam distributor yang berkerja sama dalam penyaluran ini.

“Ada pakta integritas yang ditandatangani oleh para pedagang. Intinya mau menjual dengan harga Rp14.000 per liter sesuai dengan ketentuan harga eceran tertinggi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement