Advertisement

Selama Dua Bulan, Ada 17 Nyawa Melayang karena Kecelakaan di Bantul

Ujang Hasanudin
Kamis, 09 Maret 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Selama Dua Bulan, Ada 17 Nyawa Melayang karena Kecelakaan di Bantul Kasatlantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bantul mencatat selama dua bulan terakhir, Januari-Februari 2023 ada 17 korban kecelakaan yang meninggal dunia. Polisi mengimbau kepada semua pengendara kendaraan agar bijak dalam berkendara di jalan dengan menjaga kecepatan dan fokus konsentrasi saat berkendara demi kesepamatan bersama.

Kasatlantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan mengatakan dari data yang dihimpun oleh Unit Penegakkan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Bantul, angka kecelakaan lalu lintas di bantul pada Februari sebanyak 156 kejadian.

Advertisement

Jumlah tersebut terhitung menurun dibandingkan data bulan Januari 2023 sebanyak 162 kasus. Adapun kasus kecelakaan lalu lintas pada Februari 2023 telah menewaskan 11 korban jiwa dengan kerugian materi mencapai Rp 53 juta.

Sementara jumlah korban luka berat tidak ada, dan korban luka ringan 173 orang. Sedangkan kasus kecelakaan lalu lintas di bulan Januari 2023 jumlah korban meninggal dunia sebanyak enam orang, kerugian materi 71 juta, luka berat tidak ada dan luka ringan sebanyak 196 orang.

“Dari data tersebut perbandingan kejadian kecelakaan lalu lintas di bulan Februari terhitung turun 3,7%. Sedangkan korban fatalitas cenderung naik 57%. Jika ditotal ada 17 korban meninggal dunia karena kecelakaan selama dua bulan ini,” katanya, Kamis (9/3/2023).

BACA JUGA: Kecelakaan Libatkan 3 Mobil di Jalan Godean

Menurutnya, kebanyakan kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Januari dan Februari ini diakibatkan karena kelalaian pengendara. Di sisi lain laka tunggal juga mendominasi kejadian dalam dua bulan terakhir.

Akibat masih tingginya kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah Bantul, Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul sudah melakukan analisis jam-jam rawan terjadi kecelakaan. “Dari data yang telah dihimpun diketahui kejadian laka paling sering terjadi pada pagi dan sore,” ujarnya.

Pagi dan sore hari merupakan jam-jam sibuk orang untuk berangkat dan pulang bekerja dan juga sekolah. Selain itu, Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul juga sudah memetakan titik-titik kecelakaan lalu lintas atau blackspot, yakni Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengimbau kepada semua pengendara kendaraan agar bijak dalam berkendara di jalan dengan menjaga kecepatan dan fokus konsentrasi saat berkendara. “Selain itu pengendara kendaraan juga diminta untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas  demi keselamatan bersama,” tandas Jeffry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Anak Bisa Berkurang Akibat Inflasi Tinggi

News
| Jum'at, 24 Mei 2024, 01:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement