Advertisement

Dinkes Sleman Launching Posyandu Prima di Kalurahan Tamanmartani

Media Digital
Jum'at, 10 Maret 2023 - 07:57 WIB
Jumali
Dinkes Sleman Launching Posyandu Prima di Kalurahan Tamanmartani Launching Posyandu Prima di Balai Kalurahan Tamanmartani, Kamis (9/3/2023) - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman meluncurkan Posyandu Prima di Balai Kalurahan Tamanmartani, Kamis (9/3/2023). Ini menjadi peresmian pertama Posyandu Prima di Kabupaten Sleman dan di Provinsi DIY.

Sekretaris Dinkes Sleman, Isa Dharmawidjaja mengatakan Posyandu Prima merupakan sesuatu yang baru. Dimana layanan kesehatan tersedia di kalurahan sehingga lebih dekat dengan masyarakat. Menurutnya dari desa sendiri sudah memiliki tenaga kesehatan dan dari pihak puskesmas setempat memperkuat.

Advertisement

"Tantangan yang kami hadapi dari pembentukan Posyandu Prima ini adalah karena wilayah sudah perkotaan semua sehingga kami harus berpikir bagaimana hasilnya tetap bisa bagus, karena perkotaan sudah dekat dengan layanan kesehatan," ucapnya.

Setelah peluncuran Posyandu Prima di Balai Kalurahan Tamanmartani ke depan ditargetkan layanan yang sama juga tersedia di wilayah Puskesmas Moyudan, Gamping 2, dan Tempel 2. Namun kalurahan mana pastinya masih dipetakan.

"Ini masih tahap awal, setelah ini berhasil kami akan melakukan pengembangan di semua lini," ucapnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DIY, Endang Pamungkassiwi menyampaikan peresmian Posyandu Prima ini sesuai dengan program Kementerian Kesehatan untuk mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat. Menurutnya dulu Posyandu hanya memberikan pelayanan untuk ibu dan anak, namun kini semua masyarakat bisa terlayani.

"Kami ucapkan terima kasih atas atas dimulainya layanan Posyandu Prima di Kalurahan Tamanmartani. Sehingga berbagai masalah kesehatan bisa ditekan," paparnya.

Ditargetkan nanti setiap Kabupaten/Kota bisa punya minimal satu pilot projek Posyandu Prima. "Syukur-syukur bisa tiga atau empat. Kabupaten/Kota lain belum menyampaikan wilayah mana yang akan menjadi pilot porject. Sleman sejak 2022 sudah sampaikan pilot project di Kalasan," jelasnya.

Lurah Tamanmartani, Gandang Hardjanata mengatakan relawan-relawan kesehatan dari kader kalurahan cukup tinggi kesadarannya. Ini menjadi modal Kalurahan Tamanmartani menjadi percontohan.

"Ini adalah peran serta warga di dalam penanganan kesehatan. Kami ada 22 padukuhan dan masing-masing padukuhan minimal dua kader [kesehatan] ada yang tiga ada yang empat, jadi sekitar 60-an kader," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sebanyak 5.681 Caleg Terpilih Belum Laporkan LHKPN, KPK: Kami Tunggu

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement