Advertisement

Merapi Luncuran Awan Panas Selasa Pagi, Sebagian Dusun di Cangkringan Sleman Hujan Abu Tipis

Abdul Hamied Razak
Selasa, 14 Maret 2023 - 08:57 WIB
Budi Cahyana
Merapi Luncuran Awan Panas Selasa Pagi, Sebagian Dusun di Cangkringan Sleman Hujan Abu Tipis Gunung Merapi - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANGunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas pada Selasa (14/3/2023) pukul 05.59 WIB. Dampak guguran awan panas ini mengakibatkan sebagian dusun di Kalitengah Kidul dan Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, dihujani abu tipis.

BPPTKG mencatat jarak luncur awan panas mencapai 1.600 meter ke arah Kali Krasak dengan amplitudo 22 mm. Luncuran awan panas terjadi selama 126 detik. "Karena arah angin ke bagian tenggara, maka sebagian abu tipis Merapi sampai ke Dusun Kalitengah Kidul di Glagaharjo," kata Kepala BPBD Sleman Makwan, Selasa (14/3/2023).

Advertisement

Sejak Selasa dini hari hingga pagi ini teramati dua kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1.600-2.000 meter mengarah ke barat daya. Sebanyak 15 kali guguran lava dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter ke arah barat daya. 

BACA JUGA: Abu Merapi Tidak Turun di Jogja dan Malah Menyebar ke Magelang Hingga Wonosobo, Ini Penyebabnya

Menurut Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso, potensi bahaya Merapi saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. 

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Dia menghimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. "Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Merapi," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement