Advertisement

Tender Proyek TPA Banyuroto Menunggu Tayang di LPSE

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 16 Maret 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Tender Proyek TPA Banyuroto Menunggu Tayang di LPSE Ilustrasi sampah. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rencana pembangunan zona baru atau landfill zona 2 TPA di Desa Banyuroto, Kulonprogo telah sampai ke tahap Penyediaan Barang dan Jasa (PBJ). Sebelumnya, DED zona baru tersebut ditinjau ulang akibat penyesuaian dengan nilai barang material.

Kepala UPT Persampahan Air Limbah dan Pertamanan DPUPKP Kulonprogo, Budi Purwanta mengatakan tender pembangunan zona dua TPA Banyuroto belum tayang di LPSE.

Advertisement

BACA JUGA : TPA Banyuroto Hanya Tampung Sampah dari Kulonprogo

“Prosesnya sudah sampai ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa [BPBJ]. Tapi memang belum tayang di LPSE soalnya persiapan pemilihannya masih akan dirapatkan antara PPK [Pejabat Pembuat Komitmen] dan Kelompok Kerja Pemilihan,” kata Budi dihubungi pada Rabu (15/3/2023).

Budi mengatakan setidaknya penayangan untuk proses tender tersebut pada akhir Maret. Dia berharap proses penayangan dapat lebih cepat. Hanya saja, proses di BPBJ tersebut sudah bukan masuk kewenangan jawatannya.

“Desain zona dua tidak ada perubahan. Hanya ada penguatan pondasi. Lalu, penghitungan ulang volume galian dan urukan. Lainnya sama,” katanya.

Kontrak pembangunan zona dua dengan tender direncanakan selesai pada April. Sementara untuk target pembangunan zona dua selesai pada bulan November 2023 dengan pagu anggaran dari APBD murni sebesar Rp8,8 Miliar.

BACA JUGA : Pemkab Siapkan Zona Baru Pengelolaan Sampah di TPA

Zona dua tersebut dibangun akibat umur TPA zona satu telah habis pada tahun 2022. Kendati demikian, zona satu tersebut terus dimaksimalkan, sehingga masih dapat dipakai hingga saat ini.

Tiap harinya, TPA Banyuroto menerima pasokan sampah hingga 34 ton per hari dari seluruh wilayah di Kulonprogo. Kata Budi, Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) menyumbang sampah hingga 84 ton per bulan. Padahal kapasitas total TPA Banyuroto mencapai 55.000 meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement