Advertisement

XT Square jadi Pusat Thrifting Jogja, Pemkot Jogja: Kami Malah Tak Tahu, Akan Dievaluasi

Triyo Handoko
Minggu, 19 Maret 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
XT Square jadi Pusat Thrifting Jogja, Pemkot Jogja: Kami Malah Tak Tahu, Akan Dievaluasi Suasana gerai thrifting di XT Square yang ramai oleh berbagai pakian bekas impor, Minggu (19/3/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tak mengetahui bahwa XT Square jadi pusat thrifting atau pakaian bekas impor di Jogja. Selama ini Pejabat Wali Kota Jogja Sumadi hanya mengetahui XT Square hanya diperuntukan untuk UMKM.

Pengamatan Harian Jogja di XT Square, terdapat satu blok di lantai II di bangunan sisi utara XT Square dipenuhi gerai thrifting, sebagian di lantai bawahnya juga. “Saya malah baru tahu, nanti akan kami tinjau lagi,” kata Sumadi, Minggu (19/3/2023).

Advertisement

Sumadi menjelaskan XT Square mulanya memang diprioritaskan untuk para pelaku UMKM Jogja. “Kalau sekarang jadi thrifting nanti kami evaluasi lagi. Apalagi importir thrifting dilarang pemerintah, tentu ini harus dievaluasi,” tegasnya.

BACA JUGA: Produk Bekas Impor Dilarang, Ini Thrifting yang Diperbolehkan!

Salah satu petugas pengelola XT Square, Muhammad Roichan Juni Saputra menjelaskan maraknya gerai thrifting karena awal pandemi banyak UMKM yang tidak melanjutkan sewa rukonya. “Pas pandemi itu kan banyak yang tidak melanjutkan sewa ruko. Kalau tak ada yang menyewa, kami rugi, lalu ada datang pengusaha thrifting ini menyewa sebagian ruko kami,” jelasnya, Minggu siang.

Perkembangan thrifting di XT Square, kata dia, memang tumbuh dengan pesat. “Bahkan sekarang XT Square ini terkenalnya sebagai pusat thrifting Jogja, perlahan mulai bangkit dan rami lagi,” katanya.

Roichan menjelaskan pihaknya juga terus menggaet UMKM untuk turut bergabung lagi ke XT Square. “Usaha terus kami lakukan, misalnya nanti pas puasa ada Pasar Sore Ramadan itu banyak UMKM kuliner yang ikut memeriahkan disini,” ujarnya.

Sewa ruko untuk UMKM di XT Square, jelas Roichan, juga tergolong murah dan terjangkau. “Yang dipakai thrifting itu setahun hanya Rp4,1 juta, yang kuliner itu sebulan hanya Rp1 juta,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement