Advertisement

Calon Jemaah Umrah Terkatung-katung di YIA, Ini Penjelasan Polisi

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 19 Maret 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Calon Jemaah Umrah Terkatung-katung di YIA, Ini Penjelasan Polisi Ilustrasi. - Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pihak Kepolisian memastikan telah melakukan tindaklanjut terkait puluhan calon jemaah umrah yang terkatung-katung di Yogyakarya International Airport (YIA) Kulonprogo. 

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan Polres Kulonprogo telah mengamankan para calon jemaah umrah termasuk pihak Mabari Travel & Tour setelah mendapat laporan kejadian tersebut.

Advertisement

“Awalnya dari pihak Mabari Tour & Travel menyalurkan 38 calon jemaah umrah ke Mekah melalui saudara KW warga Banguntapan, Bantul. Oleh KW ini calon jemaah tersebut disalurkan melalui salah satu PT biro perjalanan umrah yang beralamat di Giwangan, Jogja,” kata Noviartuti dihubungi pada Sabtu (18/3/2023).

BACA JUGA : Jemaah Umrah Terkatung-katung di YIA, Begini Penjelasan Pihak Biro Perjalanan

Noviartuti menambahkan biaya per orang untuk keberangkatan umrah yang harus dibayar ke PT tersebut sejumlah Rp22 juta rupiah. Hanya saja perwakilan PT tersebut menyampaikan biaya awal total yang harus dibayar untuk umrah sebesar Rp836 juta berubah menjadi total Rp912 juta dengan per orangnya membayar sebesar Rp24 juta.

“Berdasarkan invoice uang yang sudah masuk setelah dibayarkan oleh saudara KW sejumlah Rp659 juta, sehingga ada kekurangan Rp253 juta. Dari pihak PT sudah menyampaikan agar segera dilunasi, namun gagal bayar. Hal itu menyebabkan tiket domestik dari Indonesia melalui Kuala Lumpur Malaysia belum dibayarkan dan mengakibatkan calon jamaah umroh gagal berangkat,” katanya.

Ia mengatakan pihak PT tersebut akan melakukan penjadwalan ulang, namun ada biaya penambahan yang harus dibayar dan akan dilakukan mediasi dari berbagai pihak.

Sebelumnya rombongan calon umrah dari Rembang dan Magelang dipingpong dan terkatung-katung di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo. Mereka gagal berangkat ke Jeddah, Arab Saudi, sesuai jadwal dan telantar berjam-jam di depan Terminal Keberangkatan YIA.

BACA JUGA : Sudah Lunas Bayar Rp30 Juta, Puluhan Jemaah Umrah Malah Telantar di YIA

Airport Operation, Services, and Security Senior Manager YIA, Misranedi, mengakui penelantaran tersebut pada Jumat (17/3/2023). "Iya benar tadi memang ada kejadian itu [rombongan umrah telantar]. Totalnya ada 38 orang. Sebanyak 36 orang dari Rembang dan dua orang dari Magelang," kata Misranedi melalui keterangan tertulis.

Misranedi menambahkan rombongan tersebut awalnya akan berangkat umrah ke Tanah Suci melalui Bandara Juanda, Surabaya. Namun, mereka ditolak oleh maskapai karena biro perjalanan belum membeli tiket pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement