Advertisement

Ini Dia Destinasi Wisata di Bantul yang Jadi Langganan untuk Padusan

Ujang Hasanudin
Senin, 20 Maret 2023 - 08:37 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Destinasi Wisata di Bantul yang Jadi Langganan untuk Padusan Ilustrasi Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menjelang bulan suci Ramadan, umat Islam di Jawa termasuk Bantul biasanya menggelar padusan atau mensucikan diri dengan mandi atau berendam di air. Sejumlah lokasi pemandian di Bantul ini biasanya yang ramai dikunjungi untuk padusan.

Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan untuk pantai yang ramai dikunjungi H-1 Ramadan biasanya adalah Pantai Parangtritis, Depok, Pandansari, Gua Cemara, Cangkring, sampai Pantai Baru. “Tetapi yang paling ramai seperti tahun-tahun sebelumnya itu biasanya adalah Parangtritis,” katanya, Minggu (19/3/2023).

Advertisement

Tidak hanya pantai, sejumlah objek wisata air di Bumi Projotamansari juga diprediksi bakal ramai dikunjungi untuk padusansehari menjelang bulan puasa, di antaranya adalah Taman Tempuran Cikal, Pasar Kebon Empring, Taman Nggirli, Batu Kapal, Gerbang Banyu Langit, serta beberapa curug atau air terjun kecil.

BACA JUGA: Ribuan Warga Serbu Waterboom Jogja untuk Padusan

Wahana kolam renang di Bantul juga dipastikan ramai dikunjungan wisatawan atau warga untuk melakukan tradisi padusan diantaranya Waterbyur, Galaxy Water Park, Balong Water Park, Kids Fun hingga Gabusan Water Park.

“Sejumlah sendang juga dipastikan akan didatangi warga atau wisatawan untuk melakukan tradisi padusan, salah satunya Sendang Kasihan,” ujarnya. Sendang Kasihan terletak di Dusun Kasihan, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul.

Markus berharap kepada para pengelola objek wisata air agar tetap menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan dan warga yang akan menjalani padusan menjelang Ramadan, dua hari yang akan datang.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan meski momen tradisi padusan di objek wisata air terutama di pantai akan banyak dikunjungi wisatawan, namun jumlahnya hampir sama dengan jumlah pada libur akhir pekan yang mencapai belasan ribu orang.

Menurutnya wisatawan atau warga yang datang pada tradisi padusan akan didominasi warga lokal DIY, “Biasanya dalam tradisi padusan yang datang paling banyak warga lokal DIY,” ujarnya. Namun demikian ramainya wisatawan saat tradisi padusan bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) karena selama Ramadan dimungkinkan hampir semua objek wisata sepi pengunjung.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, Nugroho mengatakan semua anggota SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul sebanyak 30 orang akan dikerahkan untuk mengamankan wisatawan yang akan menjalani tradisi padusan. Jumlah personel pengamanan juga akan dibantu oleh anggota TNI, Polri, dan juga anggota SAR lainnya.

Dia mengatakan terdapat sejumlah pantai di barat Pantai Samas yang biasanya ramai saat tradisi padusan, yakni Pantai Pandansari, Goa Cemara, Cangkring dan Pantai Baru. "Biasanya ramainya sore hari mulai pukul sekitar 15.00 WIB sampai magrib," katanya.

Menurutnya, kondisi gelombang air laut saat momen tradisi padusan diperkirakan landai. Namun demikian, pihaknya tetap siaga dengan memasang rambu-rambu di daerah berbahaya atau adanya palung. “Walaupun landai kami tetap mengimbau wisatawan tidak mandi di luat yang terdapat palungnya. Kita pasang rambu-rambu bahaya yang ada palungnya dan kita tempatkan personil SAR,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement