Advertisement

BPBD Bantul Bentuk 20 Redkar Berbasis Kalurahan

Yosef Leon
Kamis, 23 Maret 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
BPBD Bantul Bentuk 20 Redkar Berbasis Kalurahan Suasana pelatihan Redkar di salah satu kalurahan oleh Damkarmat BPBD Bantul belum lama ini. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul bakal membentuk 20 sukarelawan pemadam kebakaran (Redkar) berbasis kalurahan di wilayah setempat. Pembentukan Redkar itu bertujuan membantu petugas dalam menanggulangi kebakaran di tingkat terbawah. 

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) BPBD Kabupaten Bantul Irawan Kurnianto menyebutkan, Redkar dibentuk dengan berbasis kalurahan sama halnya dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB). Pembentukan itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No.3/2017 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran.  "Pada 2022 sudah kami latih sekitar 150 orang. Target tahun ini ada 20 kalurahan kami bentuk Redkar," kata Irawan, Kamis (23/3/2023). 

Advertisement

Menurutnya, pembentukan Redkar di setiap kalurahan akan dilakukan secara bertahap lantaran keterbatasan anggaran. Kalurahan yang rawan dan padat penduduk akan diprioritaskan terlebih dahulu. Ditargetkan sebanyak 75 kalurahan yang ada di Bantul sudah terbentuk Redkar sampai tahun depan guna membantu penanggulangan bencana kebakaran. "Respons time tetap 15 menit terhitung dari laporan masuk. Untuk memenuhinya maka di bantul saat ini sudah dibentuk 7 WMK (wilayah manajemen kebakaran) dengan 7 pos sektor," ungkapnya. 

Adapun ketujuh pos sektor itu masing-masing berada di Sedayu, Kasihan, Banguntapan, Piyungan, Imogiri, Pundong dan Bantul. Ke depan akan dibentuk lagi di wilayah Dlinggo dan Srandakan. Dengan begitu penanganan kebakaran di wilayah setempat lebih cepat tertangani dan mampu meminimalisir korban jiwa dan kerugian materi. 

"Redkar ini sangat membantu kami memang. Setiap kalurahan jumlahnya bervariasi antara 15 sampai 25 orang. Untuk anggota yang sudah teregister ke Kemendagri ada 99 orang. Di tahun 2022 sudah kita latih sekitar 150 orang," ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement