Advertisement

Pemkab Bantul Bagikan Enam Bantuan Alat Pertanian Sepanjang 2023

Yosef Leon
Kamis, 23 Maret 2023 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Pemkab Bantul Bagikan Enam Bantuan Alat Pertanian Sepanjang 2023 Petani di Dusun Nglaren, Kalurahan Potorono, Banguntapan saat menjajal combine harvest atau alat mesin panen padi yang diberikan oleh DKPP setempat belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul berencana membagikan enam alat pertanian sepanjang 2023. Alat pertanian itu dibagikan untuk membantu para petani memanen hasil pertanian.

Jumlah bantuan yang disalurkan naik signifikan dibandingkan 2022 lalu ketika alat pertanian yang dibagikan hanya dua. "Rencananya pada tahun 2023 ini akan ada enam bantuan alat mesin pertanian untuk kelompok tani lagi, salah satunya di Dusun Nglaren," kata Kepala DKPP Kabupaten Bantul Joko Waluyo, Kamis (23/3/2023). 

Advertisement

Mesin pertanian yang dibagikan itu berupa combine harvest ataumesin panen padi. Menurut Joko, mesin pertanian dibutuhkan kelompok tani untuk memudahkan memanen maupun menanam padi. 

"Jadi untuk selanjutnya kami akan melihat kelompok tani mana yang lebih membutuhkan untuk diberikan bantuan alat pertanian," katanya. 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan sektor pertanian merupakan salah satu sektor prioritas Pemerintah Kabupaten Bantul. Ia berpesan agar petani terus meningkatkan sarana dan prasarana untuk pertanian, dan sumber daya manusia petani. Selain itu juga harus tetap melek teknologi untuk mengetahui bagaimana teknologi pertanian terbaru.

“Pertanian ini akan berusaha terus difasilitasi oleh Pemkab Bantul agar dapat terus berproduksi dengan baik. Pertanian hortikultura, seperti cabai dan bawang merah di daerah pesisir pantai pun dapat menghasilkan hasil panen yang memadai sehingga menambah jumlah panen,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement