Advertisement

Dispar DIY Tanggapi Kejahatan Jalanan yang Kembali Muncul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 27 Maret 2023 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Dispar DIY Tanggapi Kejahatan Jalanan yang Kembali Muncul Deretan toko di kawasan Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADinas Pariwisata (Dispar) DIY berharap kejahatan jalanan atau dalam istilah lokal sering disebut klitih tidak terjadi lagi di DIY. Upaya preventif perlu dilakukan seluruh lapisan masyarakat.  

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo menyampaikan keprihatinannya atas kejahatan jalanan yang terjadi di DIY belakangan.

Advertisement

“Saya sangat prihatin dan menyesalkan kejadian-kejadian yang beruntun terhadap kejahatan jalanan yang ada di Jogja selama ini, tentu ini akan mempengaruhi citra pariwisata DIY yang selalu ngangenin, yang selalu rindu untuk datang ke Jogja, ini terganggu oleh kejadian-kejadian,” katanya, Senin (27/3/2023). 

Menurut Singgih upaya preventif harus dilakukan. Pencegahan tidak hanya dilakukan aparat kepolisian, namun juga seluruh lapisan masyarakat. 

“Saya tidak menyerahkan sepenuhnya ke aparat keamanan, tetapi semua masyarakat, baik itu pemerintah maupun masyarakat perlu bergotong royong bersama untuk menjadikan kondisi Jogja semakin aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan,” katanya. 

Menurut Singgih, warga dapat melakukan upaya preventif dengan melakukan jaga warga. Selain itu, apabila ada sejumlah orang yang mencurigakan yang mengarah ke pelaku kejahatan jalanan, Singgih pun berharap agar masyarakat dapat menegurnya. “Kalau enggak berani menegur, lapor ke pihak yang berwajib atau berwenang. Sehingga bisa diupayakan upaya preventif, ini yang penting,” imbuhnya. 

“Ini yang perlu dibangun, apabila terus menerus, ini akan menggerus juga kepercayaan wisatawan yang datang ke Jogja. Karena rasa aman, nyaman itu sangat penting bagi wisatawan,” ucap Singgih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alihkan Kuota Haji Reguler ke Furoda, Kemenag Disebut Sembrono

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement