Advertisement

Trafik Layanan Komunikasi di DIY Diprediksi Meningkat selama Libur Lebaran

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 07 April 2023 - 21:27 WIB
Jumali
Trafik Layanan Komunikasi di DIY Diprediksi Meningkat selama Libur Lebaran Ilustrasi tower, BTS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATrafik jaringan dan komunikasi selama libur Lebaran di DIY tahun ini diprediksi melonjak dibandingkan sebelumnya. Antisipasi kenaikan trafik dilakukan agar aktivitas layanan komunikasi berjalan dengan baik.

BACA JUGA: 15 Kalurahan di Bantul Belum Tersentuh Sinyal Internet

Advertisement

Head of Region Central & West Java Indosat Ooredoo Hutchison, Swandi Tjia memprediksi akan ada peningkatan trafik pengguna dibandingkan tahun lalu saat libur Lebaran pada tahun ini. Dia memperkirakan trafik akan naik sekitar 50%, lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya 10-15 persen saja.

"Tahun lalu itu peningkatan 10 persen, untuk tahun ini perkiraan meningkat menjadi 15-50 persen," ujarnya, Jumat (7/4/2023).

Swandi mengatakan ada sejumlah lokasi di DIY seperti Gunungkidul dan Bantul yang menjadi perhatian. Alasannya di kedua wilayah tersebut tidak hanya pemudik yang akan melakukan pergerakan ke DIY, tetapi juga wisatawan saat libur Lebaran nanti. Baik Gunungkidul maupun Bantul, katanya, merupakan daerah kunjungan wisata.

"Utamanya di Gunungkidul yang letak geografisnya berbeda dengan daerah lain. Kondisinya naik turun. Ini yang kami antisipasi agar trafik pengguna bisa berjalan baik. Kami siap mengantisipasi lonjakan trafik tersebut," ujarnya.

Perseroan telah mengidentifikasi titik-titik receiver (penerima), dan melakukan penguatan melalui mobile BTS, khususnya di rest area. Network integrasi sudah 95% di mana coverage daerahnya jauh lebih luas.

"Yang sebelumnya (area) belum terkover, sekarang sudah terkover. Kami sudah identifikasi titik-titik receiver, termasuk Gunungkidul kemudian Bantul," ujarnya.

Pihaknya juga membangun beberapa new site BTS, sehingga pemudik dapat nyaman dalam perjalanan menuju kampung halaman.

"Kami juga melakukan penguatan jaringan di jalur kereta. Sehingga pelanggan yang mudin naik kendaraan pribadi atau kereta tetap nyaman," ujarnya.

Hal senada disampaikan District Operation Head Central & West Java IOH, Robby Hikmat Permana. Dia mengatakan sejak dilakukan merger, kapasitas jaringan internet otomatis bertambah karena jaringan IM3 dan Tri terintegrasi. Pengguna IM3 bisa pakai jaringan Tri, begitu juga sebaliknya.

"Karena sudah terintegrasi pada libur Lebaran nanti kami antisipasi lonjakan trafik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement