Advertisement

Tak Mau Wilayahnya Jadi Tempat Pengolahan Sampah, Warga Banyakan Gelar Unjuk Rasa

Ujang Hasanudin
Minggu, 09 April 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Tak Mau Wilayahnya Jadi Tempat Pengolahan Sampah, Warga Banyakan Gelar Unjuk Rasa Massa Aliansi Banyakan Bergerak menggelar unjuk rassa menolak rencana pembangunan tempat pengolahan sampah di Dusun Banyakan, Minggu (9/4/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Banyakan Bergerak (AMBB) menggelar aksi penolakan rencana pembangunan tempat pengolahan sampah di Dusun Banyakan, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, Minggu (9/4). Proyek tersebut diketahui adalah milik Pemkot Jogja.

Nasrul, salah satu warga Banyakan mengatakan warga mengetahui rencana pendirian bangunan untuk mengolah sampah di Dusun Banyakan setelah ada tim melakukan survei dilokasi Dusun Banyakan sebanyak dua kali. Bahkan rencana pengadaan lahan untuk proyek tersebut sudah menyebutkan kebutuhan lahan sekitar 3,5 hektare.  

Advertisement

“Kami mengetahuinya setelah ada tim survei turun langsung ke lokasi yang rencananya untuk mendirikan bangunan pengolahan sampah dari Pemerintah Kota Jogja seluas 3,5 hektare ,” katanya.  

Dia memastikan warga Dusun Banyakan 1, 2, dan 3 sudah sepakat untuk menolak proyek tersebut. Pihaknya tidak ingin Dusun Banyakan dijadikan tempat pembuangan sampah karena lokasinya berdekatan dengan permukiman.  

Menurutnya rencana pengadaan lahan untuk tempat pengolahan sampah tersebut bisa berdampak negatif bagi warga. “Selain pencemaran lingkungan juga baunya mengganggu warga. Kami tidak ingin keberadaan TPST Piyungan kembali terulang,” ujarnya.

Dia mengaku selama ini keberadaan TPST Piyungan juga sangat menggau warga dan belum ada penyelesaiannya.

BACA JUGA: Belum Juga Ada Solusi, TPST Piyungan Masih Saja Alami Masalah Lindi

Kepala Dusun Banyakan 3, Lilik Purwoko menambahakn rencana pembangunan tempat pengolahan sampah oleh Pemkot Jogja itu memang lokasinya ada di Dusun Banyakan 1,2 dan 3. Tepatnya adalah di lahan kas desa milik Kalurahan Sitimulyo.

Pihaknya juga mengetahui adanya proyek tersebut setelah ada survei lahan. Warga juga sudah meminta klarifikasi ke Lurah Sitimulyo dan hasilnya memang Pemkot Jogja membutuhkan lahan untuk pengolahan sampah. Tetapi masih sebatas wacana dan belum ada kepastian.

Dia berharap Pemda DIY dan pemerintah kabupaten dan kota Jogja segera turun tangan. “Harapan kami secepatnya kalau bisa dari pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota dan pemerintahan kalurahan mendorong adanya mediasi agar masyarakat tidak gejolak,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja, Sugeng Darmanto, saat dimintai konfirmasi membenarkan bahwa Pemkot Jogja berencana mencari lahan untuk pengolahan sampah

“Pengadaan lahan TPA [tempat pembuangan akhir sampah] masih proses. Belum bisa disampaikan mengingat masih dirancang perhitungan-perhitungannya,” katanya.

Sambil menunggu proses sejauh ini pihaknya masih tetap memanfaatkan TPST Piyungan. Dia menegaskan rencana pengadaan tempat pembuangan akhir sampah belum menentukan lokasi. Pihaknya masih berhitung teknis dan berkomunikasi dengan berbagai pihak.

Disinggung soal lokasi surveri di Dusun Banyakan, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Sugeng tidak menampiknya. “Kalau hanya survei, kita sudah dibanyak tempat dan belum ada yang menjadi kajian,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement