Advertisement

Modal Rp25 Juta, Pasar Murah Digencarkan di Kulonprogo untuk Stabilkan Harga

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 09 April 2023 - 09:17 WIB
Sunartono
Modal Rp25 Juta, Pasar Murah Digencarkan di Kulonprogo untuk Stabilkan Harga Disperindag DIY gelar pasar murah di Lapangan Kepek, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo pada Rabu (5/4/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY menggelar pasar murah di Lapangan Kepek Pengasih Kulonprogo pada Rabu (5/4/2023) lalu. Pasar murah yang bertujuan untuk menjaga ketersediaan kebutuhan barang dan meminimalisasi kenaikan harga selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran tersebut menghadirkan sembilan ton sembako dengan item yang berbeda.

Kepala Disperindag DIY, Syam Arjayanti mengatakan bahwa jawatannya menggandeng tujuh distributor sembako dari Jogja. “Sembakonya itu ada berbagai macam seperti telur, bawang merah dan putih, tepung, dan minyak goreng, gula pasir,” kata Syam dihubungi pada Rabu (5/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Ratusan Warga Sleman Serbu Pasar Murah

Disperindag DIY menggelontorkan Rp25 juta untuk mengadakan pasar murah di Kulonprogo. Subsidi yang diberikan untuk sembako tersebut adalah Rp2.000 per kilogram. Dengan total sembilan ton sembako, maka ada sebanyak Rp18 juta yang digunakan sebagai subsidi. Sisanya sebanyak Rp7 juta digunakan untuk perlengkapan dan peralatan seperti tenda.

“Dengan adanya subsidi itu kan harga sembako jadi lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Harganya kan sesuai distributor, jadi ada selisihnya dan lebih murah dari pasar. Minyakita yang biasa dijual Rp14.000 per liter, tadi dijual seharga Rp12.300-12.500 per liter. Telur yang biasanya Rp27-28.000 per kilogram [kg], tadi hanya Rp24.500-25.000 per kg,” katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo Endang Zulywanti mengatakan tujuh distributor yang terlibat dalam pasar murah tersebut antara lain PT. Gudang Grosir Berdikari, PT. Wilmart, PT. Pangan Surya Makmur, PT. Rajawali Nusindo, BM Jogja, Paguyuban Beras, dan Bulog.

BACA JUGA : Pasar Murah Sleman Bakal Digelar, Sejumlah Bahan

“Pasar murah tadi itu bekerja sama dengan disperindag DIY. Distributornya tadi ada juga dari alfamidi. Dengan pasar murah itu masyarakat bisa membeli sembako dengan harga terjangkau,” kata Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement