Advertisement

Gunungkidul Petakan Jalur Rawan untuk Pemudik Lebaran 2023, Ini Lokasinya

David Kurniawan
Selasa, 11 April 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Gunungkidul Petakan Jalur Rawan untuk Pemudik Lebaran 2023, Ini Lokasinya Seorang pekerja sedang memindahkan jagung dari truk yang terlibat kecelakaan tunggal di Tanjakan Bundelan di Kalurahan Jurangjero, Ngawen. Senin (30/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan Gunungkidul telah melakukan pemetaan jalur rawan pada saat perayaan Idulfitri di tahun ini. Untuk mengurangi risiko kecelakaan, di jalur-jalur tersebut akan dipasang rambu-rambu peringatan.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, berbagai persiapan mulai dilakukan untuk menyambut arus mudik maupun libur Lebaran. Salah satu yang dilakukan dengan pemantauan jalur untuk mudik.

Advertisement

Hasil pemantauan ada sejumlah jalur yang rawan kecelakaan. Hal ini terjadi karena kondisi jalan maupun geografis yang berupa tanjakan ekstrem sehingga tidak boleh sembarangan dilalui oleh kendaraan.

BACA JUGA : Konsumsi BBM Selama Mudik Lebaran di DIY Diperkirakan Naik 32%

Menurut dia, untuk pemetaan jalur terbagi menjadi dua. Pertama, jalur rawan untuk kendaraan angkutan berat. Adapun kedua berkaitan dengan jalur yang rawan kecelakaan.

Bayu menuturkan, jalur rawan kendaraan berat berkaitan dengan kondisi jalur yang berupa tanjakan esktrem. Hasil pemantauan, ada sejumlah jalur rawan meliputi Tanjakan Bundelan di Kalurahan Jurangrejo, Ngawen; jalur Nglanggeran-Sambipitu di Kapanewon Patuk, jalur Siluk-Panggang dan jalur Dlingo-Playen.

“Untuk kendaraan berat kami sarankan tidak melintas di jalur dengan tanjakan ekstrem ini agar terhindar dari risiko kecelakaan,“ katanya, Selasa (11/4/2023).

Adapun untuk jalur yang rawan kecelakaan sehingga membutuhkan kehati-hatian berada di ruas Jogja-Wonosari, Semin-Ngawen, Semanu-Rongkop dan Wonosari-Baron. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada agar bisa selamat sampai tujuan.

“Tentunya harus terus menanti peraturan dalam berlalulintas," katanya.

BACA JUGA : Alasan Polri Terapkan Tilang Elektronik Saat Mudik Lebaran 2023

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalur rawan ini, dinas perhubungan berencana memasang spanduk peringatan di sekitar lokasi. "Pemasangan spanduk untuk mengingatkan agar lebih berhati-hati pada saat berkendara," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement