Advertisement

Pembayaran Retibusi Wisata Non Tunai di Bantul Masih Rendah

Ujang Hasanudin
Rabu, 12 April 2023 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pembayaran Retibusi Wisata Non Tunai di Bantul Masih Rendah Ilustrasi penggunaan QRIS. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul terus berupaya mensosialisasikan pembayaran non tunai untuk wisatawan yang akan masuk ke destinasi wisata. Hingga kini pembayaran retribusi wisata non tunai di Bumi Projotamansari masih rendah.  

Rendahnya pembayaran retribusi secara non tunai terlihat dari hasil pencatatan Dispar Bantul terkait kunjungan wisatawan selama Maret 2023. Pada bulan tersebut tercatat 156.890 wisatawan yang berkunjung namun hanya 1.683 orang yang melakukan pembayaran non tunai.

Advertisement

“Memang pembayaran retribusi ke destinasi wisata dengan non tunai ini masih rendah,” Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, saat dihubungi, Selasa (11/4/2023)

Dispar, lanjutnya, terus mendorong wisatawan terbiasa dengan pembayaran non tunai. Salah satu upayanya dengan sosialisasi serta penambahan sarana dan prasarana penunjang agar sistem pembayaran digital berjalan lancar.

“Kami mensosialisasikan pembayaran non tunai di baliho dan medsos. Masyarakat kami dorong melakukan pembayaran dengan QRIS [Quick Response Code Indonesia Standard],” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan, penerapan sistem transaksi digital dapat berdampak positif. Selain efisien, sistem pembayaran retibrusi digital juga mengurangi biaya pencetakan karcis masuk destinasi wisata.

“Pembayaran retribusi dengan non tunai bisa lebih cepat, lebih aman karena tidak perlu bawa uang cash, praktis dan paperless,” tandasnya.

Lantaran pembayaran retribusi secara elektronik masih rendah, kata Markus, maka Dispar masih melakukan pencetakan karcis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Berhasil Kawal Gelaran Laga Final Four Proliga Putaran Kedua Semarang dengan Pasokan Listrik Andal

News
| Senin, 15 Juli 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement