Advertisement

Lewat Bantul saat Libur Lebaran? Waspadai Titik-Titik Rawan Lakalantas Ini

Yosef Leon
Jum'at, 14 April 2023 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Lewat Bantul saat Libur Lebaran? Waspadai Titik-Titik Rawan Lakalantas Ini Petugas Dishub Bantul bersama Satlantas Polres setempat memasang rambu lalulintas tambahan di jalur rawan kecelakaan di Bantul, Jumat (14/4 - 2023)./Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDinas Perhubungan (Dishub) Bantul bersama Satlantas Polres Bantul telah memetakan titik rawan kecelakaan di wilayah mereka. Pemudik yang melewati jalur tersebut pada arus mudik dan balik Lebaran mendatang diimbau untuk berhati-hati melewati jalur-jalur tersebut. 

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Bantul, Sri Harsono mengatakan total ada sembilan titik yang dinilai rawan terjadi kecelakaan di Bumi Projotamansari. Di antaranya yakni berada di sekitar jalan Imogiri-Mangunan, Jalan Jogja-Wonosari dan Jalan Parangtritis.

Advertisement

Untuk itu pada momentum mudik Lebaran 2023 ini, pihaknya menambah rambu-rambu lalu lintas rawan kecelakaan agar masyarakat yang melewati jalur itu tetap waspada. Petugas telah memasang plang penanda bertuliskan jalur rawan kecelakaan untuk mengingatkan para pemudik.  "Di kesembilannya telah kami pasang rambu tambahan. Dua titik di Jalan Imogiri-Mangunan, lima titik di sekitar wilayah Piyungan dan dua titik di Jalan Parangtritis," katanya, Jumat (14/04/2023).

Menurut Harsono penambahan rambu lalulintas ini sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan saat mudik Lebaran 2023 mendatang. Sebab volume kendaraan yang melewati jalur itu dimungkinkan meningkat signifikan. Dengan adanya tambahan rambu lalulintas diharapkan para pengendara lebih berhati-hati. 

BACA JUGA: Waspada Titik Putar Balik di Sleman, Jadi Spot Rawan Lakalantas

Di sisi lain Dishub Bantul mengaku juga telah siap dalam menghadapi libur Lebaran 2023 termasuk mengantisipasi kemacetan pada jalir wisata. Selama libur Lebaran nanti, pihaknya akan menerjunkan sekitar 751 personel untuk berjaga mengurai kemacetan. "Kalau personel total ada 125, tetapi karena sistemnya sif jadi bisa dihitung 751 personel," ujarnya.

Petugas akan disiagakan di titik-titik jalan rawan kecelakaan maupun rawan kemacetan, salah satu yang menjadi perhatian khusus yakni di jalur Cino Mati. Di titik itu petugas akan mengimbau pengendara agar tidak melintas di jalur itu lantaran terlalu berisiko tinggi terutama pada kendaraan berbadan besar.  "Kami berikan imbauan agar wisatawan tidak melintas. Nanti akan bareng-bareng bersama jajaran PAM lainnya," ucapnya.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemantauan di sepanjang JJLS wilayah Bantul dan mendapati masih banyak ruas jalan yang tidak dilengkapi lampu penerangan jalan.

Di mulai dari JJLS simpang 3 Pengklik Samas, karakteristik jalur tersebut hanya memiliki beberapa lampu penerangan jalan atau sangat minim. Selain itu juga tidak ada rambu maupun petunjuk arah yang bisa memberikan informasi kepada pengguna jalan yang melintas.

Namun di simpang empat JJLS Pantai Depok, penerangan sudah cukup memadai dan sudah dilengkapi rumbu lalu lintas. Kemudian di JJLS simpang Parangtritis pun, ia menyebut bahwa di lokasi tersebut sudah dilengkapi dengan lampu penerangan jalan yang cukup termasuk rambu lalulintas dan penunjuk arah.

“Tetapi pengguna jalan diimbau menurunkan kecepatan ketika mendekati simpang empat karena banyaknya kendaraan yang melintas. Sangat berbahaya jika tidak menurunkan kecepatan, walaupun di sini sudah terdapat pita kejut, akan tetapi kami tetap mengimbau selalu berhati-hati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement