Advertisement

Banguntapan Luncurkan Produk Ceting Besek, Apa Itu?

Yosef Leon
Jum'at, 14 April 2023 - 18:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Banguntapan Luncurkan Produk Ceting Besek, Apa Itu?

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Untuk mencegah fenomena stunting di wilayahnya, Kapanewon Banguntapan Bantul meluncurkan program dukungan cegah stunting bersama lintas sektor (Produk Ceting Besek), Jumat (14/3/2023). 

Advertisement

Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa menjelaskan, masalah stunting masih menjadi momok di masyarakat dan harus ditanggulangi untuk mendukung program pembangunan pemerintah. 

Apalagi, lanjutnya, Pemerintah Pusat mengeluarkan Peraturan Presiden No.72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Presiden sudah menargetkan penurunan angka stunting sebesar 14% pada tahun 2024 mendatang. 

Di Kapanewon Banguntapan tercatat dari 6.436 balita sebanyak 230 atau 3,57% mengalami stunting. Meskipun angka ini dibawah angka stunting kabupaten sebesar 6,42%, namun jumlah tersebut tetap menjadi perhatian. 

"Perlu penanganan yang serius dalam proses pencegahan serta penanggulangan agar jumlah kasus stunting tidak bertambah," katanya. 

Untuk itu, katanya, Kapanewon Banguntapan mencoba mengeluarkan Produk Ceting Besek sebagai upaya menanggulangi stunting. Program ini berupa pengumpulan donasi pribadi di lingkungan kapanewon dan instansi tingkat kapanewon untuk disalurkan menjadi tambahan protein pada balita stunting. 

"Untuk pihak perbankan dan lembaga keuangan akan diajukan proposal dengan harapan dapat menyalurkan bantuan dalam bentuk sponsorship atau CSR (Corporate Social Responsibility)," jelasnya. 

Pihaknya telah membentuk kepengurusan yang akan menjalankan program tersebut. Pendataan terhadap ibu hamil potensi stunting, balita potensi stunting dan anak stunting pun telah dilakukan agar penyaluran bantuan bisa tepat sasaran. 

"Inovasi ini diharapkan bisa menjadi alternatif bagi upaya pencegahan dan penanganan stunting di wilayah kami," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement