Advertisement

Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran 2023, RSUD Bantul Sediakan 50 Bed

Ujang Hasanudin
Minggu, 16 April 2023 - 18:57 WIB
Sunartono
Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran 2023, RSUD Bantul Sediakan 50 Bed Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aji Styawan\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul sudah menyiapkan 30% atau sekitar 50 dari total 150 bed (tempat tidur) khusus pasien Covid-19 untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 pascalibur lebaran Idulfitri nanti.

Direktur Utama RSUD Panembahan Senopati Bantul, Atthobari mengatakan kesiapan 30% bed khusus pasien Covid-19 tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang ditujukan untuk semua rumah sakit dalam rangka mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19.

Advertisement

BACA JUGA : Kasus Covid-19 di Jogja Naik karena Varian XBB?

Dalam SE Kemenkes tersebut menyebutkan semua rumah sakit wajib menyediakan 30% dari total bed atau tempat tidur khusus Covid-19 setelah lebaran Idulitri 1444 Hijriah. “Kami sudah menindaklanjuti edaran Kementerian Kesehatan dengan menyiapkan 50 bed,” kata Atthobari, Minggu (16/4/2023)

Bukan hanya bed rawat inap dewasa yang disediakan namun pihaknya juga menyediakan ruang khusus isolasi dan ICU. “Kalau masih butuh tambahan bed kami sudah menyiapkan bangsal Bima dan Baladewa,” ujarnya.  

Atthobari memastikan rumah sakit yang dipimpinnya siap menghadapi seandainya kasus Coid-19 meledak pascalibur lebran nanti. Tidak hanya bed, namun juga sumber daya manusia (SDM) atau perawatnya juga siap.

Ia menyebutkan per Jumat (14/42023) pasien Covid-19 yang dirawat d RSUD Panembaan Senopati Bantul ada lima orang. Sementara satu orang lainnya adalah probable. Semua pasien Covid-19 tersebut gejalanya ringan atau tidak berat.

BACA JUGA : Masih Tinggi, Begini Kondisi Kasus Covid-19 DIY

Menurutnya, pasien Coid-19 yang dirawat di rumah sakit milik Pemkab Bantul tersebut terdeteksi bukan karena ada gejala yang mengarah ke Coid-19. Namun terdeteksi dari hasil skrining semua pasien yang akan menjalani rawat inap di rumah sakit. Sebab sampai saat ini pihaknya memberlakukan skrining Covid-19 untuk semua pasien yang akan menjalani rawat inap.

“Jadi biasanya masuk bukan karena Covid-19, Ketahuan dari pasien rawat inap kita skrining. Saat diskrining ketahuan yang bersangkutan positif Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan bahwa saat ini ada tren kenaikan kasus Covid-19 di Bantul. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan minimal dengan memakai masker di tempat kerumunan dan cuci tangan sesering mungkin.

“Jelang lebaran ini data kami rangkum kenaikan kasus Covid-19 sebulan terakhir cukup banyak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement