Advertisement

Bekerja Inklusif Tanpa Membedakan

Media Digital
Kamis, 20 April 2023 - 02:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Bekerja Inklusif Tanpa Membedakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja, Septi Sri Rejeki. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Sebagai sosok pemimpin di instansi yang selalu berhadapan langsung dengan masyarakat, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja, Septi Sri Rejeki terus mendorong jajarannya untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, sekaligus bekerja secara inklusif tanpa membeda-bedakan.

Advertisement

Perempuan yang mengawali kariernya pada 1995 di Bagian Organisasi Setda Kota Jogja ini meyakini inovasi layanan harus terus dilakukan agar masyarakat terpenuhi haknya dengan baik. “Inovasi itu penting dan enggak ada batasnya karena tuntutan zaman juga terus berkembang, artinya layanan juga harus mengikuti agar tidak tertinggal,” katanya saat ditemui, Senin (17/4/2023).

Total ada 13 inovasi kebijakan dan program yang ditelurkan Septi selama dua tahun menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Kota Jogja. “Program unggulan kami saat ini yakni Manten Anyar Entuk Telu atau MANTUL TENAN. Inovasi ini ikut serta dalam lomba inovasi layanan kependudukan tingkat nasional,” katanya.

Mantul adalah layanan pernikahan yang tidak diselenggarakan oleh Kantor  Urusan Agama (KUA), terutama untuk warga nonmuslim. Pada saat pernikahan, dalam sekali pengurusan dokumen akan sekaligus mendapatkan beberapa dokumen kependudukan yaitu kutipan akta perkawinan, KTP, dan kartu keluarga (KK) baru. “Informasi dalam tiga dokumen tersebut akan langsung ter-update sesuai informasi terbaru,” kata Septi.

Tak hanya Mantul, inovasi lain yakni Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). “ADM kami bikin dari barang-barang yang tak terpakai untuk dibuat alat baru yaitu ADM, kalau beli bisa ratusan juta rupiah. Kami membuat ADM mandiri dengan biaya yang murah dan dapat dimanfaatkan masyarakat,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement