Advertisement

Jalur Depan Pasar Semin Gunungkidul Diusulkan Jadi 2 Arah

David Kurniawan
Selasa, 25 April 2023 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Jalur Depan Pasar Semin Gunungkidul Diusulkan Jadi 2 Arah Aktivitas kendaraan di depan Pasar Semin di Kapanewon Semin terlihat ramai pada Selasa (25/4/2023). Harianjogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Perdagangan Gunungkidul mengusulkan agar jalur di depan Pasar Semin bisa kembali dibuka untuk dua arah. Hal ini untuk merespons keluhan dari pedagang tentang penerapan satu jalur di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, penerapan jalur searah di kawasan Pasar Semin dikeluhkan oleh para pedagang. Pasalnya, penerapan tersebut berpengaruh terhadap aktivitas jual beli di pasar.

Advertisement

“Makanya ada usulan agar dikembalikan menjadi dua jalur, tidak satu arah seperti sekarang,” kata Kelik kepada wartawan, Selasa (25/4/2023).

Menurut dia, usulan mengembalikan dua jalur di depan pasar merupakan murni usulan dari pedagang. Selain itu, usulan juga melihat dari kondisi terkini di sekitar jalur yang lebih sepi.

Kelik tidak menampik, sebelum Terminal Semin dipindah masih menjadi satu rangkaian di pasar. Kondisi ini pun berdampak terhadap aktivitas kendaraan di pasar yang makin padat.

Meski demikian, sambung dia, kepadatan kendaraan atau angkutan umum sekarang sudah tidak terlihat. Hal ini disebabkan karena banyak armada angkutan yang tak beroperasi.

“Sekarang terminal juga sudah dipindah ke sisi barat. Jadi, tidak ada lagi penumpukan kendaraan di depan pasar. Makanya, ada usulan agar jalur dua arah di depan Pasar Semin bisa dikembalikan,” katanya.

Kelik mengakui keputusan perubahan jalur diserahkan sepenuhnya ke Dinas Perhubungan, selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang menangani masalah jalan dan angkutan. “Tentunya usulan dari para pedagang kami tampung dan disampaikan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan,” katanya.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, sudah mendengar adanya usulan tetang penerapan jalur dua arah di depan Pasar Semin. Meski demikian, prosesnya tidak serta merta bisa dilakukan karena pengambilan kebijakan harus melalui kajian yang mendalam.

“Untuk pengambilan kebijakan pasti, kami juga menghadirkan dari Polda serta Dinas Perhubungan DIY karena status jalannya milik provinsi,” katanya.

Menurut Bayu, untuk saat ini jalur satu arah masih berlaku dari sisi timur ke barat. Adapun pemberlakukan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

“Untuk pengendara dari arah Wonosari lewatnya jalur lingkar utara karena tidak bisa lewat depan Pasar Semin karena pemberlakuan jalur searah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement