Advertisement

Pemkab Gunungkidul Diharapkan Danai Perbaikan Jembatan Rusak di Ngawen

David Kurniawan
Jum'at, 05 Mei 2023 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Gunungkidul Diharapkan Danai Perbaikan Jembatan Rusak di Ngawen Ilustrasi jembatan rusak karena banjir - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kalurahan Jurangjero, Ngawen mengharapkan bantuan dari Pemkab Gunungkidul untuk perbaikan jembatan rusak akibat banjir pada Rabu (3/5/2023) malam. Pasalnya, anggaran yang dimiliki masih sangat terbatas sehingga tidak mampu untuk memperbaiki sendiri.

Ulu-Ulu Kalurahan Jurangjero, Supriyanto mengatakan, jalan di sekitar Jembatan Sriten [perbatasan Jurangjero-Kampung) yang rusak merupakan jalan desa. Sesuai dengan status jalan, maka proses perbaikan menjadi kewenangan kalurahan.

Advertisement

Meski demikian, ia mengakui anggaran yang dimiliki kalurahan masih sangat terbatas sehingga belum bisa memperbaiki sendiri. Oleh karenanya, ada harapan perbaikan mendapatkan bantuan dari Pemkab Gunungkidul.

“Kami akan buat proposal bantuan untuk perbaikan jembatan ke DPU [Pemkab Gunungkidul],” kata Sriyanto kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: PNS Disdikpora Bantul Ditahan Terkait Korupsi Dana Perawatan Stadion Sultan Agung

Menurut dia, jembatan penghubung Kalurahan Jurangjero-Kampung dibangun di 2009 lalu. Adapun modelnya berbentuk crossway dengan konstruksi gorong-gorong di bawahnya.

Sriyanto mengakui, putusanya jembatan memberikan dampak terhadap aktivitas warga. Pasalnya, warga tidak bisa lagi melintas jembatan tersebut dan harus memutar melalui jalan utama di Kapanewon Ngawen.

“Harus lewat jalur utama Ngawen dan jaraknya juga lumayan. Untuk kerusakan, juga sudah kami laporkan ke BPBD Gunungkidul,” ungkapnya.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul, Supriyadi mengatakan, warga terpaksa memutar sejauh enam kilometer dikarenakan rusaknya jembatan di perbatasan Kampung-Jurangjero.

“Yang paling kasihan anak-anak yang akan bersekolah. Berhubung akses lebih jauh, maka terpaksa harus diantar,” katanya.

Menurut dia, kerusakan akibat banjir yang terjadi pada Rabu malam sudah dilaporkan ke BPBD Gunungkidu. Warga di sekitar lokasi juga sudah bekerja bakti untuk membersihkan pohon tumbang di dekat jembatan. “Kami [TRC] ikut membantu bersama-sama dengan warga. Untuk perbaikan kami serahkan sepenuhnya ke pimpinan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement