Advertisement

Sensus Pertanian 2023, BPS Bantul Terjunkan 727 Petugas

Yosef Leon
Selasa, 09 Mei 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Sensus Pertanian 2023, BPS Bantul Terjunkan 727 Petugas Ilustrasi petani. BPS RI akan menggelar Sensus Pertanian / ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bantul akan menyelenggarakan Sensus Pertanian 2023 yang sedianya bakal dilangsungkan pada Juni-Juli mendatang. Petugas nantinya akan melakukan pengumpulan data statistik dasar sektor pertanian untuk dijadikan landasan dalam merumuskan pembangunan. 

Kepala BPS Bantul Dedi Cahyono menjelaskan, Sensus Pertanian merupakan sensus yang dilakukan BPS sepuluh tahun sekali di tahun berakhiran 3. Pihaknya akan mendata seluruh pelaku usaha pertanian baik itu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, kehutanan, peternakan, dan jasa pertanian. 

Advertisement

"Pendataan Sensus Pertanian akan dimulai pada 1 Juni-31 Juli 2023," katanya, Selasa (9/5/2023). 

BACA JUGA: Kewenangan Penentuan Pemanfaatan Tanah Kas Desa Bakal Melibatkan Empat Institusi, Siapa Saja?

Dedi menyebutkan, sebelum itu pihaknya juga telah merekrut petugas sensus yang dilaksanakan pada Maret-April lalu. Pada bulan ini petugas Sensus Pertanian akan diberikan pelatihan mengenai dasar-dasar sensus dan cara menginput data ke dalam kuesioner. 

"Pelatihannya nanti berupa pemberian materi belajar dan ada juga tes. Total ada sebanyak 747 petugas yang kami terjunkan," kata dia. 

Ketua Tim Produksi Sensus Pertanian Bantul Agustina Siwi menjelaskan, pelatihan petugas survei akan dilakukan pada 24-30 Mei mendatang. Akan ada ujian pre test dan pos test kepada petugas untuk menguji tingkat pemahaman dalam melakukan Sensus Pertanian. "Nanti sewaktu sensus akan dibagi tim per kapanewon sebanyak enam orang dengan satu pengawas," jelasnya. 

Adapun metode Sensus Pertanian nantinya dilakukan dari pintu ke pintu berupa pendataan warga yang melakukan usaha pertanian di Bantul. Total ada sebanyak 400 kepala keluarga yang disasar dalam Sensus Pertanian 2023 Bantul.  "Metodenya dari pintu ke pintu. Kalau warga yang didatangi mengaku punya usaha pertanian itu akan dididata lebih lanjut dengan. dokumen yang rinci. Juga ada wawancara," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement