Advertisement

Jadi Ikon Jogja, Teras Malioboro 1 dan 2 Akan Digabung

Media Digital
Selasa, 16 Mei 2023 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jadi Ikon Jogja, Teras Malioboro 1 dan 2 Akan Digabung Yuna Pancawati, ketika memberikan sambutan mewakili Pejabat Sekda DIY dalam Syawalan yang digalar di Teras Malioboro 1, Senin (15/5/2023). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Teras Malioboro 1 dan 2 akan digabung sehingga nantinya Teras Malioboro bisa menjadi ikon Jogja. Wisatawan belum merasakan ke Jogja jika belum ke Teras Malioboro.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Sri Nurkyatsiwie dalam Syawalan yang diselenggarakan di Teras Malioboro 1, Senin (15/5/2023). Siwie mengatakan, saat ini memang ada Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2.

Advertisement

Kegiatan syawalan juga menjadi bukti Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2 bisa berkolaborasi. "Ke depan tidak ada lagi Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2 karena akan menjadi satu," jelas Siwie dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin.

Siwie mengatakan, saat ini sudah mulai kelihatan. Selain itu, saat ini, pengembangan Teras Malioboro juga dibantu oleh perguruan tinggi, komunitas dan perbankan. "Kalau ini bisa dikelola dengan baik maka gerakan ini bisa menjadikan UMKM naik kelas," paparnya.

Baca juga: Petani Milenial Sleman Punya Badan Usaha, Permudah Akses Modal

Dalam kegiatan yang dihadiri beberapa komunitas yang terkait dengan Teras Malioboro ini, Siwie mengaku senang karena pada saat Lebaran lalu tidak ada berita yang viral pedagang nuthuk harga. Ini semua karena pedagang sudah memiliki kesadaran.

Dengan demikian dia berharap pengunjung yang datang ke Teras Malioboro tidak kapok. Mereka tidak hanya sekali datang setelah itu tidak datang lagi.

Tahun lalu, tercatat ada sekitar 2,7 juta orang yang datang, Jika setiap yang datang ini belanja Rp 50.000 maka bisa dibayangkan berapa uang yang beredar.

Siwie juga akan terus melakukan survei, mengamati dan terus mengembangkan Teras Malioboro. Kalau ada pedagang yang masih sepi, akan dilihat penyebabnya dan diharapkan bisa didapatkan solusi untuk meningkatkan penjualan.

Terkait dengan keinginan untuk membuat gapura agar Teras Malioboro lebih kelihatan, Siwie mengatakan, hal itu juga sudah dipikirkan. "Tetapi karena Malioboro masuk sumbu filosofi maka akan dilakukan pertimbangan yang lebih matang agar tidak menyalahi," katanya.

Siwie juga mengingatkan pedagang yang sudah menyewa tempat tetapi tidak segera dibuka atau dibuka tidak rutin maka akan dilakukan pembinaan. Akan ada peringatan satu sampai tiga sebelum diambil tindakan.

Agar barang yang dijual di Teras Malioboro lebih laku, maka dia mengajak pedagang untuk bergabung di Sibakul. Dia berharap lewat penjualan online, maka omset akan meningkat. Pemda DIY akan membantu agar ongkir bisa rendah dan kalau memungkinkan bebas ongkir.

Ketua panitia Toni berharap Teras Malioboro terus berkembang sehingga bisa menjadi tempat wisata belanja di Jogja. Teras malioboro diharapkan juga bisa menjadi ruang kebersamaan antar komunitas.

Asekda DIY bidang Perekonomian dan Pembangunan Yuna Pancawati yang mewakili pejabat Sekda DIY Wiyos Santoso mengatakan, pengembangan Teras Malioboro akan terus dilakukan agar ke depan bisa menjadi ikon Jogja. Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah melakukan kolaborasi. Dengan demikian diharapkan pemulihan ekonomi ini bisa menjadi lebih cepat. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement